PADANG LAWAS - Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk dana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Padang Lawas (Palas) Ditandatangani. Prosesi penandatanganan yang berlangsung di pendopo Bupati, Senin (31/7/2017), dilakukan Bupati Palas H Ali Sutan Harahap bersama Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Palas. Hal ini sebagaimana tertuang dalam penandatangan NPHD Pemkab Palas dengan KPU Palas No : 270/170/mou/2017, No : 024/PR.01.spj/1221/Kab/VII/2017, tentang pelaksanaan dana hibah penyelenggaraan pemilihan Bupati/wakil Bupati Kabupaten Palas Tahun 2018.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua DPRD Palas H Syahwil Nst, Wakil Ketua H Irsan Bangun, Sekda Palas Arpan Nst, Kepala Pendapatan Harjusli F Siregar, Ketua KPU Palas Syarifuddin Daulay, Anggota KPU Palas masing-masing Rahmat Efendi, Amran Pulungan, Indra Syahbana, dan Rahmat Habinsaran.

Bupati Palas H Ali Sutan Harahap menjelaskan Pilkada yang akan dilaksanakan secara serentak akan diikuti 117 daerah, 17 Propinsi dan 154 Kabupaten/Kota. Untuk Sumatera Utara sebantak 8 Kabupaten/Kota, termasuk didalamnya Kabupaten Palas.

"Hal ini merupakan program strategis Nasional yang harus dilaksanakan dan pembiayaan dibebankan pada APBD Kabupaten Palas dengan jumlah yang cukup sesuai kebutuhan setiap tahapan penyelenggaraan Pilkada," terangnya.

Dikatakan, NPHD yang akan ditandatangani bersama KPU selaku penyelenggaran Pilkada Bupati/Wakil Bupati Palas Tahun 2018.

"Saya berharap untuk dapat dipergunakan dana yang sudah dianggarkan dalam APBD tahun 2017 dan 2018 seoptimal mungkin," ungkapnya.

Bupati juga berharap kepada ketua DPRD Palaa agar anggaran Pilkada Palas Tahun 2018 dapat disetujui oleh legislatif pada perubahan APBD tahun 2017 dan APBD tahun 2018, sehingga pelaksanaan Pilkada Palas dapat berjalan baik.

Secara terpisah, Kakan Kesbang Palas Gojali kepada wartawan menyatakan, dari usulan pihak KPU Palas sebesar Rp40 miliar, dan setelah berulang kali diverifikasi hasilnya menjadi anggaran Pilkada Palas sebesar Rp 26 miliar. Diusulkan penganggarannya Rp10 miliar di APBD Perubahan 2017, dan Rp16 miliar lagi di rencanakan ditampung pada APBD 2018.