PADANGSIDIMPUAN - Musim kemarau yang melanda Padangsidimpuan mengakibatkan kebutuhan air bersih bagi masyarakat menjadi berkurang. Hal ini dibuktikan dengan keringnya sumur milik warga di sejumlah kelurahan di Kota Salak itu. Guna memenuhi kebutuhan air bersih, warga setempat terpaksa harus membeli air untuk keperluan sehari-hari seperti memasak, mencuci dan mandi. Bahkan ada juga warga yang memanfaat lokasi sungai Batang Ayumi untuk mendapatkan air bersih dengan membuat semacam sumur kecil.

Seperti yang diceritakan Luhut Nasution warga Sibaganding Lingkungan III, Kelurahan Sitamiang, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan ini. Menurut dia, sebagian besar sumur di daerah ini (Sibaganding) sudah mulai mengering. Karenanya, warga berharap pihak terkait membangun jaringan pipa PDAM ke tempat mereka. Sehingga krisis air yang terjadi saat musim kemarau dapat teratasi.

"Sejak Sibaganding ini jadi lokasi pemukiman warga dua puluh tahun lalu hingga kini belum dipasang jaringan PDAM. Sehingga, jika air sumur kering, kami kewalahan memperoleh air bersih,” terang Luhut. 

Kondisi yang sama juga dialami Rimawati (45), warga Kelurahan Losung Lingkungan I, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan.

“Air sumur di daerah kami sudah kering sejak sepekan lalu. Kami sekarang sulit memperoleh air bersih. Untuk minum kami beli air mineral isi ulang, tapi untuk mencuci dan mandi kewalahan,” keluh Rima.

Pantauan GoSumut, Minggu (30/7/2017), sebagian sumur milik warga sudah mulai kering. Beberapa warga mengangkut air bersih dari saluran mata air yang disalurkan, itupun tidak mencukupi sehingga terpaksa warga setempat mandi dan mencuci harus ke sungai Batang Ayumi.

Sementara pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi, sampai saat ini belum bisa dikonfirmasi terkait penyuluran air PAM ke lingkungan mereka. Masyarakat berharap agar PAM Tirtanadi membuka jaringan pipa PDAM, karena pemasangan pipa untuk penyaluran air bersih masuk dalam program pemerintah Kota Padangsidimpuan. Sedangkan untuk wilayah Gang Air lingkungan III, Gang Air Bersih, Kelurahan Sitamiang Baru, Kota Padangsidimpuan, sebagian juga sudah ada, sebagian lainnya sudah diusulkan, masyrakat berharap pihak pemerintah kota Padangaidimpuan tahun ini segera melaksanakan pembangunan pipa air minum  ke daerah tersebut.