PADANGSIDIMPUAN - Untuk mengoptimalkan pengelolaan dana desa, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi meminta agar Kepala Desa dapat meningkatkan kapasitasnya dalam mengelola dana desa. "Terus belajar agar dana desa dapat terkelola dengan baik dan optimal penggunaannya demi kepentingan masyarakat desa. Jangan main-main dengan dana desa, kelola dengan baik untuk kepentingan masyarakat," ucap Gubsu Erry dalam sambutannya saat menghadiri Pelantikan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) DPC Apdesi Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Padang Lawas Utara dan DPC Apdesi Kabupaten Padang Lawas, di Auditorium IAIN Padang Sidempuan, Sabtu (29/07/2017).

Hadir pada kesempatan tersebut para kepala desa se-Tabagsel, Ketua Dewan Pakar dan deklarator Apdesi Sumut Syamsul Arifin, Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu, Bupati Padang Lawas Utara Bachrum Harahap, mewakili Bupati Madina dan Bupati Padang Lawas, Ketua Apdesi Sumut Zainul Akhyar, Wadirbinmas Polda Sumut Parluatan Siregar, mewakili Forkopinda kabupaten se Tabagsel.

Dalam kesempatan itu, Gubsu Erry juga berpesan kepada para Kepala Desa untuk bisa bersama-sama membangun desanya bersama kelompok masyarakat lainnya sesuai dengan salah satu dari Nawacita Bapak Presiden yaitu membangun dari pinggiran.

"Tentu desa yang harus diperkuat," sebut Erry.

Erry juga mengajak para kepala desa untuk bersyukur karena dana desa saat ini meningkat setiap tahunnya. Dengan demikian Gubsu mengharapkan dana desa juga dapat dapat dimanfaatkan untuk memprioritaskan kegiatan-kegiatan pembangunan dalam skala kecil guna kepentingan masyarakat desa.

"Bersama dengan perangkat desa lainnya termasuk PKK Desa untuk membangun desanya," tutur Erry.

Ketua DPD Apdesi Sumut Zainul Akhyar ucapkan terima kasih kepada Gubsu, Bupati se Tabagsel karena hingga saat ini mendukung segala kegiatan Apdesi selama ini. "Terima kasih kepada Gubernur Sumut, Bupati se Tabagsel atas dukungannya untuk segala kegiatan Apdesi selama ini terus berharap agar memperhatikan para kepala desa," ujarnya.

Kepada para Kepala Desa khususnya kepala desa di Tapanuli Bagian Selatan, Zainul berharap terus belajar tentang undang-undang dan aturan bagaiman mengelola dana desa agar digunakan untuk sebesar-besarnya kepentingan masyarakat desa.

"Terus belajar agar jangan nantinya dana desa menjebak," ujarnya.

Mewakili Bupati se Tabagsel, Syahrul Pasaribu mengharapkan melalui forum Apdesi ini para kepala desa dapat berbagi informasi untuk memajukan daerahnya.

"Agar penggunaan dana desa sesuai dengan koridor," ucapnya.