PADANGSIDIMPUAN - Aksi Gozali sontak menjadi tontonan warga Kota Padangsidimpuan di sekitar Tugu Salak Kota Padangsidimpuan yang sedang beraktifitas maupun yang sedang melintas di lokasi tersebut, Kamis (27/7/2017) pagi. Pasalnya, warga Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas), ini nekat membakar sepeda motor yang dikendarainya bersama ayahnya. Awalnya, Gozali yang dibonceng ayahnya sedang berkunjung dari Sosa ke Kota Padangsidimpuan menggunakan sepeda motor Honda Revo. Pada saat melintas melewati Tugu Salak Jalan Sudirman, petugas Sat Lantas Polres Kota Padangsidimpuan sedang melakukan razia rutin di kawasan itu. Karena Gozali yang dibonceng ayahnya tidak mengenakan helm dan plat nomor pada bagian belakang sepeda motor mereka tidak terpasang, petugas pun menyetop kedua ayah dan anak itu.

Sebagai tindakan atas pelanggaran yang mereka lakukan, petugas Sat Lantas Polres Kota Padangsidimpuan pun memberikan teguran kepada mereka, kemudian mereka berlalu menuju ke arah pusat pasar di Jalan Sudirman.

Tak berapa lama berselang Gozali dan ayahnya melewati jalur tersebut kembali, tak pelak petugas Sat Lantas Polres Padangsidimpuan yang masih menggelar razia di lokasi pun menyetop mereka. Saat berhenti, petugas langsung menilang ayah Gozali karena sebelumnya sudah dilakukan tindakan peneguran.

Adu mulut pun terjadi antara ayah Gozali dan Gozali dengan petugas Sat Lantas Polres Kota Padangsidimpuan. Singkat cerita, ayah gozalipun mengalah. Akan tetapi, tak berapa lama sebelum petugas yang sedang menggelar razia akan bubar, tiba-tiba Gozali mendekati sepeda motor mereka kemudian membanting sepeda motor tersebut ke jalan lalu menyulut sepeda motor tersebut dengan mancis sehingga sepeda motor tersebut terbakar. Beruntung petugas Sat Lantas Polres Kota Padangsidimpuan sigap mengambil tindakan memadamkan api dengan menggunakan air dari parit di sekitar lokasi sehinnga tidak menimbulkan kejadian yang lebih parah.

Kasat Lantas Polres Kota Padangsidimpuan AKP M Haris Sihite membenarkan peristiwa ini ketika dikonfirmasi GoSumut di Mapolres Kota Padangsidimpuan.

"Saat petugas kita melakukan razia di sekitar Tugu Salak, pelaku yang dibonceng ayahnya pertama sudah lewat tanpa menggunakan helm dan sepeda motor Honda Revo yang mereka kendarai tidak menggunakan plat nomor pada bagian belakang, petugas kita hanya memberikan teguran. Tak berapa lama lagi mereka lewat lagi, tentu saja petugas kita melakukan penilangan karena pertama sudah diberikan teguran. Seolah-olah pengendara tersebut tidak menghargai kita yang sedang melakukan razia di lokasi tersebut," jelas Kasat.

Saat ini, Gozali bersama ayahnya telah diamankan di Mapolres Kota Padangsidimpuan dan sedang diperiksa di ruangan Sat Reskrim guna dimintai keterangan maksud pelaku membakar sepeda motornya hanya karena tidak terima ditilang oleh petugas Sat Lantas.