SEMARANG - PT Gajah Tunggal Tbk selaku produsen ban terbesar dan terintegrasi di Asia Tenggara dengan merek GT Radial turut mensponsori gelaran internasional Asia Auto Gymkhana Competition (AAGC) 2017 putaran pertama yang dihelat di Jl. Pahlawan di Kota Semarang, Sabtu 22 Juli 2017.

Kejuaraan Asia Auto Gymkhana 2017 tingkat Asia yang untuk pertama kalinya diselenggarakan dibawah naungan FIA (Federation Internationale de I'Automobile). Sebelumnya, kejuaraan serupa sudah digelar dibeberapa negara di Asia, akan tetapi belum resmi tercatat di badan organisasi otomotif sedunia (FIA). 

Di seri perdana AAGC 2017 Semarang, regulasi yang ditetapkan oleh AAGC adalah penggunaan mobil dan ban yang standar.

Selain, one make race atau satu merk dan jenis mobil yaitu Toyota Agya 1200 cc, regulasi teristimewa yaitu penggunaan ban one make tire-nya kali ini adalah salah satu varian unggulan PT Gajah Tunggal Tbk yaitu GT Radial Champiro BXT Pro jadi ban yang harus digunakan saat berlomba.

"Regulasi di AAGC ini cukup fair dikarenakan keseluruh pembalap menggunakan perangkat standar, termasuk ban Champiro BXT Pro. Meski standar, BXT Pro bukannya tanpa keunggulan. Ban comfort untuk mobil harian ini memiliki keunggulan jarak tempuh yang lebiih panjang tanpa mengurangi kenyamanan dan performa grip," sebut Arijanto Notorahardjo, EVP Marketing, Sales MC & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk.

Hasil akhir Asia Auto Gymkhana Competition 2017, menjadi "All Indonesian Racer Star". Keseluruhan pembalap Indonesia tampil All Out dari sejak sesi kualifikasi hingga final di ajang kompetisi tingkat Asia tersebut, Indonesia yang menurunkan 8 peslalom terbaiknya dan terbagi kedalam 4 tim, yakni: Indonesia 1 (Demas Agil dan Adrian Septianto), Indonesia 2 (James Sanger dan Anjasara Wahyu), Indonesia 3 (Ananta OHP dan Mario Claudio), dan Indonesia 4 (Adrianza Yunial dan Valentino Ratulangi) akhirnya berhasil menempatkan 4 peslalom terbaiknya di kategori individual sekaligus menutup harapan peslalom tim Jepang yang diwakili oleh Tetsuya Yamano dan Masaki Nishihara hingga babak 8 besar.

Anjasara Wahyu berhasil menjadi juara putaran pertama kategori individual di putaran pertama Asia Auto Gymkhana Competition 2017 yang diikuti oleh Demas Agil di posisi ke 2, dan Valentino Ratulangi serta Mario Claudio di posisi ke 3 dan ke 4. 

Pertarungan tak kalah sengit juga terdapat di kategori tim antar negara, setelah mengalahkan  tim Jepang yang merupakan para peslalom senior (Tetsuya Yamano dan Masaki Nishihara), tim Indonesia 4 yang diwakili oleh peslalom Adrianza Yunial dan Valentino Ratulangi berhasil menjadi menempati posisi ke 1 dan posisi ke 3 diraih oleh tim India (Achintya Mehrotra dan Amanpreet Ahluwalia) dan posisi 4 ditempati oleh peslalom Singapura (Jason Fu dan Ivan Lim).

Event luar biasa yang digelar Genta Auto and Sport yang kini menjadi promotor motorsport Asia ini dikemas secara menarik dengan menyisipkan sisi hiburan. Tidak heran jika ribuan penonton memadati arena hingga dini hari.

"Kita punya kemasan yang lebih menarik dan berbeda. Tidak hanya mengemas lombanya tetapi juga sisi hiburannya juga," tutup Tjahyadi Gunawan atau yang akrab disapa Om'Gun selaku promotor dari Genta Auto and Sport yang telah berhasil menggelar Asia Auto Gymkhana Competition 2017 seri perdana. ***