MEDAN - Puluhan penarik becak motor (betor) se-Kota Medan mendatangi kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatera Utara, Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Medan Polonia, Medan, Kamis (20/7/2017). Kedatangan puluhan para penarik becak bermotor tersebut dilakukan secara tiba-tiba. Mereka datang untuk mengawal rapat yang dilakukan Dishub Sumut perihal Angkutan Sewa Khusus (ASK) berbasis aplikasi atau taksi online.

Seorang penarik betor, M. Sofyan mengatakan, kedatangan mereka untuk mempertanyakan mengapa tidak diundang dalam rapat tersebut.

"Mengapa kami tidak diundang. Kami juga korban dari transportasi online. Kami sudah dari pagi di sini, dan akan terus mengawal rapat ini," kata M. Sofyan.

Kedatangan mereka langsung diterima Kadishub Sumut, Anthony Siahaan. Kepada para penarik betor, Anthony menjelaskan, rapat membahas tentang Permenhub nomor 26 tahun 2017, atau tentang taksi online.

Rapat dihadiri perwakilan Satlantas Polda Sumut, perwakilan Dinas Kominfo Sumut, Kadishub di wilayah Mebidangro (Medan, Binjai, Deliserdang, Karo) para perwakilan Satlantas di wilayah Mebidangro, serta dari pihak Organda Medan, Organda Sumut, dan pihak Organda Deli Serdang.

Hingga berita ini diturunkan, rapat masih berlangsung dan puluhan penarik betor juga masih menunggu di depan kantor Dishub Sumut, dengan mendapat pengawalan dari pihak kepolisian.