MEDAN - Guna menilai zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi yang bersih dan melayani, tim penilai Mabes Polri mengunjungi Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Medan, Selasa (18/7/2017). Tim penilai internal Mabes Polri yang dipimpin Wakil Kepala Inspektorat Pengawasan Umum (Waka-Irwasum) Mabes Polri Irjen Pol Taufik Hidayat akan melakukan penilaian kinerja Polrestabes Medan dalam kaitannya dengan pelayanan publik selama dua hari.

"Saat ini kita sedang melakukan pendalaman untuk menilai zona integritas, apakah Polrestabes Medan layak menyandang predikat ini atau tidak," kata Waka Irwasum Mabes Polri Irjen Pol Taufik Hidayat didampingi Irwasda Poldasu Kombes Pol Wahab Saroni, dan tim penilai lainnya yang terdiri dari, Kombes Pol, M Anwar Nasir, dan Kombes Pol Melina Dlrianti Tambunan.

Jika seluruh program mendapat penilaian baik, sebutnya, maka Polrestabes Medan bisa mendapatkan predikat Polres Zona Integritas yang barang tentu akan berdampak pada meningkatnya anggaran.

"Kalau penilaian ini baik semua, Polrestabes Medan bisa menyandang predikat Polres Zona Integritas," jelasnya.

Taufik menambahkan, saat ini baru ada tiga Polres di seluruh Indonesi yang menyandang predikat zona integritas.

"Baru tiga Polres yang meraih zona integritas, Polres Jember, Malang dan Polres Sidoarjo," tambahnya.

Sementara itu, Waka Polrestabes Medan, AKBP Tatan Dirsan Atmaja berharap Polrestabes Medan bisa menyandang predikat zona integritas menuju WBK dan wilayah birokrasi yang bersih dan melayani.

"Kita berharap Polrestabes Medan meraih zona integritas tersebut. Saat ini kita terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat baik dalam pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Sat Intelkam maupun pengurusan SIM di Satuan Lalulintas," harapnya.

Selain itu, kata Tatan, situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukumnya, menjadi keharusan bagi Polrestabes Medan untuk mendapat predikat zona integritas.