MEDAN-Megawati Soekarnoputri akan memimpin konsolidasi partai jelang Pemilihan Kepala Daerah serta Pemilihan Gubernur serentak di Sumut tahun 2018 mendatang. Hal ini akan dilakukan Megawati di sela kegiatan persemian kantor baru DPD PDI Perjuangan Sumut, besok.

"Ibu Mega akan memberikan arahan selaku ketua umum partai bahwa PDI Perjuangan Sumut secara struktur harus sudah siap menghadapi Pilkada serentak" kata Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Japorman Saragih di kantor DPD PDI Perjuangan Sumut Jalan Jamin Ginting, Medan.

Japorman mengatakan, kedatangan ketua umum mereka merupakan momen penting dalam memasuki tahun politik ini. Di Sumut, pemilihan kepala daerah akan digelar oleh delapan kabupaten dan kota. Pada waktu yang bersamaan, nantinya pemilihan gubernur juga akan digelar di provinsi ini.

"Untuk itu, semua bakal calon kepala daerah yang telah mendaftar ke PDI Perjuangan di Sumut juga diundang hadir," katanya.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut Soetarto menambahkan, kedatangan Megawati ke kota Medan juga bertujuan untuk meresmikan kantor baru DPD PDI Perjuangan Sumut yang berada di Jalan Jamin Ginting Kilometer 11, Medan.

Megawati akan datang bersama jajaran pengurus DPP PDI Perjuangan lainnya seperti Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristianto. Acara peresmian itu akan dihadiri seluruh kader partai dari semua lapisan serta organisasi sayap di Sumut. Sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah juga akan diundang pada acara tersebut.

Kata Soetarto, peresmian kantor partainya akan dimulai pada pukul 13.00 WIB. Megawati akan menandatangani prasasti dan melepaskan balon sebagai simbolisasi peresmian kantor tersebut.

"Kedatangan ketua umum secara langsung untuk meresmikan kantor baru kita ini merupakan suatu bentuk penghargaan luar biasa. Ini menjadi spirit tersendiri untuk seluruh kader partai dari tiap stuktur di Sumut," ujar Soetarto.