TAPANULI SELATAN - Pasca gempa bumi yang melanda Tabagsel, Jumat (14/7/2017) pagi kemarin, masih menyisakan rasa was-was sebagian masyarakat yang tinggal di Desa Sitaratoit, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan. Bahkan mereka memilih tidur di di luar rumah untuk mengantisipasi adanya gempa susulan. Dibantu personel dari Kodim 0212/TS, warga setempat mendirikan tenda pengungsian dan dapur umum darurat untuk sementara sebagai langkah terjadinya hal hal yang tidak diinginkan apabila terjadi gempa susulan.

"Sebagian personel kita dari Kodim 0212/TS tetap kita siagakan di beberapa lokasi termasuk Desa Sitaratoit, Kabupaten Tapsel. Di desa ini personel kita bersama warga telah mendirikan tenda pengungsian dan dapur umum darurat akibat rasa trauma warga pasca gempa pagi tadi (Jumat, 14/7/2017 sekira pukul 08.25)," ungkap Dandim 0212/TS kepada GoSumut, Jumat (14/7/2017) malam.

Kemarin malam, beredar kabar akan terjadi gempa susulan yang lebih kuat. Dandim pun meminta agar masyarakat jangan terlalu terpengaruh terkait kabar yang tidak jelas.

"Kami meminta kepada seluruh masyarakat Tabagsel khususnya Tapseldan Padangsidimpuan agar jangan terlalu percaya terkait kabar yang belum jelas sehingga membuat warga merasa takut berlebihan. Memang tidak menutup kemungkinan adanya gempa susulan, akan tetapi kuat atau tidaknya gempa susulan tersebut tidak ada yang bisa memastikan. Diharapkan kepada warga agar tetap tenang untuk menyikapi hal ini, tetap waspada berdoa dan berserah dirilah kepada Allah SWT, karena semua itu adalah kehendak-NYA," tambah Dandim.

Berdasarkan keluhan dari beberapa warga, mereka masih trauma akan gempa tadi pagi, makanya mereka lebih memilih tidur di luar rumah.

"Syukurlah masih ada dari pihak TNI yang mau membantu kami untuk mendirikan tenda pengungsian sementara juga dapur umum sebagai langkah antisipasi jika ada gempa susulan seperti kabar yang kami dapat," ucap warga.