MEDAN-Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hj Nurhajizah Marpaung menyebutkan bahwa Indonesia perlu banyak belajar dari pengalaman negara maju yang sudah lama merdeka. Karenanya, pada perayaan kemerdekaan Amerika Serikat (AS) di Medan, dirinya berharap perhatian negara adidaya itu terus diberikan khususnya untuk Sumut.

Pada perayaan kemerdekaan ke-241 Amerika Serikat yang digelar di Hotel JW Marriott Medan, Wagub juga juga menyampaikan bahwa Indonesia memiliki kesamaan, di mana kedua negara punya wilayah yang luas, dengan potensi alamnya masing-masing. Begitu juga kultur yang beragam, suku, agama, dan bangsa. Sehingga diakuinya, hal itu membuat negeri Paman Sam itu menjadi idola bagi banyak warga negara untuk mengadu nasib di sana.

“Amerika punya sejarah panjang dengan Indonesia, khususnya Sumatera Utara. Mereka sudah mengenal potensi kita, terutama komoditas karet, kopi Mandailing, kopi Sidikalang, pariwisata dan lainnya,” ujar Wagub di perayaan sederhana tersebut.

Nurhajizah juga mengucapkan terimakasih atas perhatian pemerintah AS yang telah banyak memberikan bantuan di Sumut dengan berbagai program pembangunan baik dalam bidang pendidikan, kesehatan maupun bidang lainnya.

“Sekali lagi kami mengucapkan dirgahayu kemerdekaan Amerika Serikat, semoga tetap menjadi negara adikuasa,” katanya.

Sementara dalam sambutannya, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang baik antara negaranya dengan Indonesia. Pihaknya juga melihat keberagaman masyarakat yang ada dengan kultur yang beragam. Karenanya pada perayaan kemerdekaan yang jatuh pada 4 Juli ini, ia berharapkerjasama antara dua negara ini bisa terus terjalin dengan baik.

Perayaan kemerdekaan negara itu juga berlangsung sederhana dengan kehadiran sejumlah warga negara Amerika di Sumut, warga negara lainnya serta para tokoh masyarakat. Usai menyampaikan sambutan, Wagub juga menyempatkan untuk berkeliling mengunjungi stand produk dan organisasi yang dipamerkan pada kegiatan tersebut.