LUBUKPAKAM-Belasan ribu penumpang memadati Bandara Internasional Kualanamu pada H+6 Lebaran tahun ini, Minggu (2/7/2017). Suasana di Kualanamu tampak ramai sejak pagi atau penerbangan pertama.

Selain belasan ribu penumpang, suasana Kualanamu kian padat, karena banyak anggota keluarga penumpang yang ikut ke bandara. Lantai II bandara atau area keberangkatan, merupakan lokasi yang paling dipadati penumpang dan anggota keluarganya.

Sekitar pukul 09.00 WIB, konter check-in Lion Air tampak disesaki penumpang. Antrean penumpang terlihat mengular, hingga belasan meter. Pemandangan serupa juga tampak di konter check-in Sriwijaya, dan Citilink. Antrean panjang juga terlihat di depan pintu masuk lantai II dan area tempat boarding.

Airport Duty Manager Bandara Internasional Kualanamu Jasirin memperkirakan, H+6 merupakan puncak arus balik di Bandara Kualanamu. Ia menyebut, semenjak penerbangan pertama di pagi hari suasana di bandara sudah terasa cukup padat. Dan, pihaknya bersyukur, karena hingga siang belum ada gangguan penerbangan.

"Perkiraan kita, ya hari inilah puncak arus baliknya, karena besok (Senin) sudah banyak yang bekerja kembali. Dibanding tahun lalu, pada H+5, ada kenaikan jumlah penumpang dan pesawatnya, yakni 11 persen dan 12 persen," ujar Jasirin.

Ia menyebutkan berdasarkan data tahun lalu, pada H+5, untuk penumpang yang berangkat dari Kualanamu mencapai 15.627, sedangkan tahun ini mencapai 17.324. Jumlah penerbangan juga naik dari 108 kali jadi 121 kali.

Ia mengimbau dalam suasana arus balik ini, calon penumpang yang hendak berangkat dari Bandara Kualanamu agar mematuhi peraturan penerbangan.

"Kalau keluhan dari calon penumpang memang belum ada hingga siang ini. Tapi hari-hari sebelumnya ada, lantaran penumpang terlambat ke bandara, sehingga ketinggalan pesawat. Makanya, dua jam sebelum keberangkatan, penumpang sudah berada di bandara. Kalau untuk penerbangan bisa dibilang cukup lancar," kata Jasirin.