SIMALUNGUN-Dua wisatawan hilang terseret arus air terjun Jambuara, Nagori Buntu Bayu Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, Minggu (2/7/2017).

Ada tiga wisatawan yang terseret derasnya aliran sungai di sekitar air terjun yang tingginya hampir 30 meter.

Ketiganya Icen, laki-laki (18), Bulah seorang laki-laki (19) warga Sei Alim Asak Kabupaten Asahan dan Hanafi (17) seorang pelajar warga Dusun IV Kecamatan Sei Dada Kabupaten Asahan. Dua orang (Icen dan Bulah) hingga kini belum ditemukan.

Dijelaskan pihak Humas Polres Simalungun, Fritsel, bahwa ketiga pemuda ini sudah dilarang mandi di sungai sekitar air terjun oleh penjaga sekaligus pengelola Air Terjun.

"Satu orang dapat diselamatkan. Dua orang terbawa arus dan masih dalam pencarian. Perlu dijelaskan bahwa sebelum kejadiaan tersebut, petugas jaga Air Terjun sudah berupaya melarang agar para pengunjung jangan ada yang langsung mandi di dalam sungai, namun larangan itu tidak diindahkan," jelas Fritsel.

Informasi dari saksi mata, kronologi kejadian berawal pengunjung pada saat itu turun ke lokasi Air Terjun, dan mandi di atas batu yang dekat pinggiran Air Terjun. Beberapa saat kemudian datang tiga orang pengunjung (Icen, Bulah dan Hanadi) hendak mandi. Setelah mereka sampai di lokasi air terjun, mereka bertiga langsung mandi.

"Tidak berapa lama setelah mereka mandi, ketiga orang tersebut terseret oleh air, kemudian petugas penjaga air terjun berusaha untuk menolong, dan satu orang dari mereka (Hanafi) berhasil diselamatkan oleh penjaga air terjun. Sedangkan korban yang dua orang lagi (Icen dan Bulah) langsung terseret arus air ke arah air terjun," kata saksi