SIANTAR - Tingkat kunjungan di objek wisata Zoo Siantar (Taman Hewan Pematang Siantar/THPS) di Kota Pematangsiantar, pada hari kelima Lebaran 2017, diperkirakan mencapai 64.000 orang.

Staf Khusus dan Humasy PT Unitwin, Al Amin, Jumat (30/6/2017), mengatakan, kunjungan terbanyak terjadi pada Selasa, hari ketiga Lebaran mencapai 19.000 orang, dan dalam dua hari berikutnya mulai berkurang antara 4.000 ke 3.000.

Al Amin memprediksikan, pada Sabtu dan Minggu yang merupakan dua hari terakhir berakhirnya libur panjang Lebaran, tingkat kunjungan akan meningkat lagi.

Dia mengatakan, pada tahun 2017, PT Unitwin selaku pengelola Zoo Siantar, melakukan berbagai pembenahan dan penambahan fasilitas, seperti area swafoto tiga dimensi (3D), foto bersama satwa yang jinak, museum pengawetan satwa-satwa langka.

"Meski demikian, tiket masuk ke area Taman Hewan Pematang Siantar, tidak kita naikkan, tetap Rp25.000 per orang dewasa dan anak-anak," kata Al Amin.

Pengunjung yang datang dari berbagai kabupaten kota di Provinsi Sumatera Utara, dan daerah lainnya saat mudik berlibur ke Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun, memadati area seluas 4,5 hektare yang terdapat ribuan ekor satwa dari 250 spesies dan rartusan pohon-pohon disertai informasi tentang jenis, asal dan kebiasaan fauna dan flora itu.

"Semakin menarik dari tahun-tahun lalu, setiap kunjungan ada tampilan yang berbeda, sehingga kita merasa tidak sia-sia datang dari jauh," kata Ridwan Harahap, warga Rantauprapat, Kabupaten Labuhan Batu.

Terkait harga tiket masuk, Ridwan menilai masih wajar dan terjangkau dibandingkan dengan manfaat yang didapat berkunjung ke Zoo Siantar, seperti menambah wawasan dan pengetahuan tentang dunia hewan, lokasi juga nyaman dan aman.