SERDANG BEDAGAI – Arus lalulintas pada H-1 lebaran Idul Firti 1438 H di sekitar Kota Perbaungan, Kota Rampah, dan Desa Pon, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) terlihat padat dan merayap, Sabtu (24/6/2017) siang. Pantauan GoSumut, kondisi ini disebabkan meningkatnya kenderaan arus mudik lebaran dari arah Medan menuju Tebing. Selain itu kondisi badan jalan sempit dan terdapat pasar tradisional di sekitar perkotaan menjadi penyebab terjadinya kemacetan.

Kemacetan terparah juga terjadi di sekitar Kota Rampah. Setidaknya, kenderaan para pemudik dari arah Medan menuju Tebing mengular hingga 1 km. Sementara, dari arah Tebing menuju Medan, kenderaan mengular hingga 2 km.

Hal itu disebabkan Kota Rampah sempit dan adanya persimpangan. Selain itu masyarakat ingin belanja keperluaan lebaran di sekitar Kota Rampah.

Walaupun personel Polres Sergai dibantu Dinas Perhubungan dan Satpol-PP mengatur arus lalulintas jalan, namun para pemudik menggunakan mobil pribadi dan para sopir angkot terlihat berdesakan menjadi salah satu penyebab terjadinya kemacatan.

Salah seorang pemudik warga Medan yang akan ke Kisaran menjelaskan, mereka senagaj berangkat lebih cepat agar tidak kemalaman sampai ke tujuan.

“Kalau naik sepedamotor paling kena macat di kota, kalau jalinsum lancar,” ujar Linda (28), ibu dua anak itu.