PANDAN - Pasca kebakaran yang terjadi di Kelurahan Hajoran Lorong III, Kecamatan Pandan, Kamis (22/6/2017) siang, Pemkab Tapteng malalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapanuli Tengah, telah mendirikan dapur umum di lapangan bola voly tidak jauh dari lokasi kebakaran. Hal itu dikatakan Kepala Dinas BPBD, Marhite Rumapea ketika dikonfirmasi.

“Kita sudah siapkan Posko dan Dapur Umum. Kami dari BPBD sudah selesai mendirikan tenda, sementara untuk kebutuhan dapur umum sudah dipersiapkan Dinas Sosial. Dengan demikian masyarakat yang menjadi korban dari kebakaran ini bisa untuk sementara bertahan di Posko ini. Demikian juga dengan tim medis sudah disiapkan dari Dinas Kesehatan,” kata Marhite.

Hasil amantan di lokaso menyebutkan, sedikitnya 3 modil dari Dinas Kesehatan disiapkan di lokasi untuk memberikan bantuan medis kepada masyarakat yang menjadi korban kebakaran. Karena menurut Kadis Kesehatan Tapteng, Freddy Situmeang, sempat ada warga yang pingsan begitu mengetahui rumahnya sudah habis terbakar.

“Kita sudah siapkan tim medis kita, dan juga obat-obatan. Artinya kami bekerja sama dengan beberapa Dinas yang berkaitan dengan bencana untuk menolong masyarakat. Kiranya warga yang terkena musibah ini dapat tabah menghadapinya,” kata Freddy.

Sementara itu warga yang menjadi korban meminta, agar masyarakat dan Pemkab Tapteng bisa membantu menyediakan kebutuhan mereka sehari-hari, karena pakaian mereka tidak sempat terselamatkan.

“Baju saya yang tinggal hanya yang saya pakai ini, semuanya sudah habis terbakar. Ijazah anak-anak saya dan juga barang-barang habis terbakar, karena kami sedang belanja di Pasar. Dan kami tidak menyangka terjadi kebakaran ini, apalagi sebentar lagi sudah lebaran,” ujar keluarga Aziz.

Sementara itu sebagian warga tampak sedang mengais-ais tempat kebakaran, berharap masih ada barang-barang bisa dikumpulkan.