SERDANG BEDAGAI-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi kembali melantik Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Soekirman. Kurun waktu dua tahun, Tengku Erry telah dua kali melantik mantan wakilnya tersebut saat menjabat Bupati Sergai.

Pertama, Soekirman dilantik sebagai Bupati Sergai terpilih. Pelantikan kedua dilakukan Tengku Erry saat Soekirman menjabat Ketua Ikatan Alumni (IKA) Universitas Sumatera Utara (USU) Kabupaten Serdang Bedagai.

"Kami sangat gembira bisa hadir di tanah bertuah negeri beradat ini untuk buka puasa bersama yang dirangkai dengan pelantikan pengurus IKA USU Sergai. Semoga pengurus bisa mendharma baktikan pikiran dan tenaganya untuk kemajuan bangsa dan negara khususnya Provinsi Sumut dan Kabupaten Sergai yang kita cintai ini," ucap Tengku Erry pada acara pelantikan yang dirangkai dengan berbuka puasa bersama, tim Safari Ramadhan Pemprovsu, ulama dan tokoh agama, unsur FKPD Sergai dan ribuan masyarakat Sergai di SMAN 1 Dolok Masihul, Minggu (18/06/2017).

Sama dengan kunjungan kedaerah lain, kali ini tim Safari Ramadhan Pemprovsu yang dipimpin Gubsu Erry juga memboyong sejumlah pimpinan SKPD yang diharapkan dapat secara langsung menyerap aspirasi daerah khususnya yang menjadi tupoksi Pemprovsu.

"Turut bersama kami beberapa pimpinan SKPD termasuk Kadis Bina Marga. Di Sergai ini ada 85 Km jalan provinsi. Saya berharap agar dibenahi dan tolong disampaikan kepada kita mana yang untuk dibenahi. Mudah-mudahan dengan sinergi yang baik apa yang diharapkan masyarakat bisa terwujud," tutur Erry.

Sebelumnya Bupati Sergai Soekirman sekaligus Ketua IKA USU Kabupaten Sergai yang baru dilantik berharap peranserta dan dukungan Pemprovsu dibawah kepemimpinan Gubsu Erry agar Sergai menjadi Kabupaten yang unggul diberbagai Sektor diantaranya sektor pendidikan.

"Kami sangat mengharapkan bantuan dan dukungan Provinsi termasuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang saat ini masih 68 lebih rendah dibandingkan Samosir, Siantar maupun daerah lainnya,"ujar Soekirman.

Dikatakan Soekirman, bicara soal IPM tentulah menyinggung soal pendidikan. Salah satu masih rendahnya IPM Kabupaten Sergai salah satunya karena rendahnya minat sekolah warga Sergai.

"Rata-rata pendidikan masyarakat di Sergai ini SMP. Disini orangnya malas sekolah karena kondisi alam yang luas dengan perkebunan dan juga pantai yang panjang. Jadi mereka lebih memilih kerja dan mencari uang dari pada sekolah. Ini tentu menjadi tugas kita juga di IKA USU," ujarnya.

Dikatakan Soekirman, untuk mendorong minta masyarakat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi pihaknya telah menandatangani MoU dengan IPB. Dari kerjasama tersebut ada empat orang warga Sergai yang diterima menjadi mahasiswa IPB melalui jalur khusus.

"Harapan kita juga nanti USU juga memberikan perhatian yang sama. Kedepan program IKA USU juga lebih menggiatkan interaksi dengan bertatap muka dengan para alumni USU di Sergai yang kita sebut dengan "Adu Fisik". Karena akhir-akhir ini karena ada medsos kita jadi jarang bertemu langsung," ujar Soekirman.

Sementara itu pemandangan berbeda terlihat saat tim safari ramadhan Provsu yang dipimpin Gubsu Erry makan malam usai buka puasa bersama. Gubsu yang juga hadir bersama Ketua TP PKK Provsu Evi Diana Sitorus berbaur dengan masyarakat menyantap nasi ambeng. Nasi ambeng merupakan hidangan khas Jawa berupa nasi putih yang diletakkan di atas tampah dan diberi lauk pauk di sekelilingnya dan dinikmati secara keroyokan atau beramai-ramai.