BELAWAN-Regional Director Asia Karpowership Indonesia Ufuk Berk selaku pihak yang mengoperasikan kapal pembangkit listrik asal Turki di Sicanang Belawan mengatakan, pihaknya tidak berani menjamin dengan telah beroperasinya kapal pembangkit listrik Karadeniz Powership Onur Sultan paceklik listrik di Sumatera Bagian Utara akan berakhir.

Hal tersebut dikatakan Ufuk Berk disela-sela penyaluran 200 paket sembako bantuan CSR PT Karpowership Indonesia kepada warga kurang mampu di Kantor Lurah Belawan Sicanang Jalan Kelapa.

"Kemarin connecting 240 MW dari kapal pembangkit listrik ke transmisi PLN," ungkapnya kepada wartawan.

Menurut Ufuk Berk, pihaknya hanya mendistribusikan listrik dari kapal ke instalasi listrik PLN. Sedangkan pendistribusian listrik ke masyarakat ditangani PLN.

Dengan pasokan listrik 240 MW tersebut, sudah sepenuhnya disalurkan ke instalasi listrik PLN, setelah diproduksi melalui kapal dengan mesin PLTD buatan Wartsila berkapasitas 18,81 MW/unit dengan jumlah total 24 unit dan mesin PLTU dengan kapasitas 2x15 MW itu. Menurutnya, kapasitas 240 MW itu dapat ditingkatkan lagi. "Bisa ditingkatkan menjadi 480 MW dan itu mungkin saja terjadi karena ada dalam perjanjian kontrak. 24 generator kami bisa mendistribusikan itu," jelasnya.

Namun demikian kata Ufuk, penambahan pasokan listrik tersebut, membutuhkan waktu untuk kembali dilakukannya proses instalasi dari kapal pembangkit listrik yang memiliki panjang 295,82 meter, lebar 46 meter dan Gross Register Tonnage (GRT) sebesar 90.084 ton itu ke instalasi kelistrikan PLTU Sicanang. "Kalau kapasitas dinaikan, harus dipersiapkan selama enam bulan" tandasnya.

Kapal pembangkit listrik Marine Vessel Power Plant (MVPP) Karadeniz Powership Onur Sultan telah beroperasi sepenuhnya awal Juni 2017. Listrik dengan pasokan total 240 Mega Watt (MW) telah dipasok ke instalasi listrik melalui Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sicanang.

Mengenai bantuan CSR dari PT Karpowership Indonesia tersebut, pihaknya menyalurkan 200 paket sembako yang diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu dan juga pelajar di Kelurahan Belawan Sicanang. "Kami ingin secara langsung berkontribusi dalam dunia pendidikan, generasi muda dan juga masyarakat. Hal ini sebagai wujud bentuk kepedulian dan komitmen dalam kami melaksanakan tanggungjawab social," pungkasnya.

Camat Medan Belawan, Ahmad, mengatakan, kepedulian PT Karpowership Indonesia dengan memberi bantuan secara langsung kepada yang membutuhkan sangat bermanfaat terutama di bulan suci Ramadan seperti saat ini. Katanya, persoalan yang langsung dihadapi masyarakat saat ini adalah banjir yang kerap menggenangi rumah warga saat banjir rob terjadi. Ia berharap, kedepannya PT Karpowership Indonesia mampu menjawab persoalan yang dihadapi warga.