MEDAN - Di hari ketujuhbelas Ramadhan 1438 H, Wali Kota Medan, HT Dzulmi Eldin S berbuka puasa bersama dengan ratusan masyarakat di Kecamatan Medan Area di Masjid Muhajirin Jalan Seto Medan, Senin (12/6/2017). Buka puasa bersama dengan masyarakat ini merupakan agenda rutin Pemko Medan setiap bulan Ramadhan yang tujuannya untuk menjalin silaturahmi dan kebersamaan diantara Pemko Medan dengan masyarakat.

Selain buka puasa bersama, Wali Kota juga menyerahkan bantuan sebesar Rp.40 juta kepada BKM Masjid Muhajirin untuk mendukung kemakmuran Masjid Muhajirin. Di samping itu, mantan Wakil Wali Kota juga memberikan santunan kepada 100 anak yatim piatu yang berdomisili di Kecamatan Medan Area.

Didampingi sejumlah pimpinan SKPD, Wali Kota mengatakan kehadirin dirinya bersama beberapa kepala dinas di tengah-tengah masyarakat untuk berbuka puasa bersama ini bukanlah tanpa sebab, melainkan ingin lebih dekat dengan masyarakat sehingga tak ada jarak antara pemerintah dengan masyarakat.

Dengan berkumpul dan berbuka puasa bersama ini, Wali Kota berharap akan terbangun jembatan hati sehingga tercipta rasa kebersamaan antara pemerintah, ulama dan masyarakat.

"Insya Allah dengan rasa kebersamaan ini kita dapat membangun Kota Medan, khususnya Kecamatan Medan Area yang kita cintai ini agar lebih baik lagi ke depannya," kata Wali Kota.

Dalam kesempatan itu Wali Kota tidak pernah bosan untuk mengajak masyarakat agar bersama-sama dengan pemerintah, memerangi narkoba dengan cara menjauhi narkoba dan memberitahukan kepada pihak berwajib bila mengetahui adanya pengguna ataupun pengedar narkoba di wilayah tempat tinggalnya amsing-masing. Sebab, bahaya narkoba kini menjadi ancaman besar tidak hanya bagi generasi muda melainkan juga bagi Kota Medan, bangsa dan negara.

"Untuk itulah mari jaga anak-anak kita dari bahaya penyalahgunaan narkoba. Apabila mengetahui ada pengguna narkoba di lingkungan tempat tinggal kita, tidak salah jika kita memberitahukannya kepada pihak berwajib. Dari narkoba ini kenakalan remaja semakin meningkat seperti begal yang marak terjadi di beberapa daerah. Dengan kepedulian bersama, insya Allah kita bisa menjaga keluarga agar terhindar dari bahaya narkoba,” ajaknya.

Selain menginformasikan tentang bahaya narkoba, Wali Kota juga menghimbau masyarakat untuk terus memperkuat komitmen dan meningkatkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat dalam mendukung program pembangunan, diantaranya menjaga keamanan, ketertiban maupun kebersihan lingkungan.

"Pemko Medan saat ini giat melakukan pembersihan lingkungan, tetapi itu semua tidak dapat berjalan tanpa adanya dukungan penuh dari masyarakat, Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat agar mau peduli terhadap kebersihan di lingkungannya masing-masing. Hal itu dapat diwujudkan dengan rutin menggelar gotong royong dan tidak membuang sampah sembarangan,” terangnya.

Usai mendengarkan sambutan Wali Kota, acara buka puasa bersama ini dilanjutkan dilanjutkan dengan mendengarkan taushiah yang disampaikan Al Ustad Drs H.Akhyar Nasution, MA. Setelah itu diteruskan dengan buka puasa, Shalat Maghrib berjamaah dan makan malam bersama.