JAKARTA - Satlak PRIMA melalui PPK PRIMA melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bank BRI untuk kelancaran honor atlet. Penandatanganan kedua belah pihak tersebut disaksikan oleh Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto di ruang lantai 3 Gedung Graha Kemenpora, Selasa (13/06/2017).

Ketua Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satlak Prima, Chandra Bhakti mengatakan bahwa selama ini proses pencarian yang dilakukan melalui aplikasi Sistem Perbendaharaan Anggaran Negara (SPAN).

"Aplikasi tersebut memang bagus, hanya saja butuh validasi data yang bertahap. Sehingga tidak selesai dengan satu unit kerja," ujarnya usai menandatangangi MoU tersebut.

Chandra Bhakti menjelaskan bahwa mekanisme yang berjalan nantinya adalah PPK PRIMA mengirimkan data ke KPPN untuk bisa mencairkan anggaran ke Bank BRI. Setelah itu dari Bank BRI akan mengirimkan ke setiap rekening yang diberikan oleh PPK PRIMA.

"Verifikasi ke Bank BRI dilakukan setiap bulan, karena pasti ada perubahan atlet yang masuk pelatnas Satlak PRIMA," ujarnya.

Berbicara tentang distribusi honor, Bank BRI merupakan Bank Negara yang sudah memiliki pengalaman mengirimkan honor pegawai pemerintahan.

"Saya menjamin prosesnya akan lebih cepat, karena jumlah atlet tidak sebesar lembaga seperti kepolisian dan tentara,” ujar Budi Siswanto Pimpinan Kantor Cabang Pal Merah Bank BRI.

Realisasi kerjasama tersebut akan dilakukan pada pencairan honor untuk Juni. Diharapkan perubahan mekanisme pencairan tersebut, atlet tidak lagi mengalami penunggakan gaji. ***