MEDAN-Harga bawang putih masih bertahan mahal. Di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan, bumbu dapur ini dipasarkan bervariasi mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 55.000 per kilogram (kg).

Seperti pengakuan Alim, pedagang di Pusat Pasar Tradisional Medan, bawang putih masih dipasarkan diharga Rp 40.000 per kg. "Harga bawang putih, sudah mulai turun sekarang. Penurunan ini sudah tiga hari terakhir," ujarnya.

Sebelumnya, bawang putih ini sempat melonjak hingga mencapai Rp 50.000 per kg. Namun beberapa hari terakhir, mulai bergerak turun meski masih di posisi Rp 40.000 per kg.

Berbeda dengan pedagang lainnya, A Hutauruk yang justru memasarkan bawang putih ini lebih mahal, hingga mencapai Rp 55.000 per kg. "Yang masih mahal itu bawang putih Rp 55.000 sekilo," ujarnya.

Dia mengaku, kenaikan bawang putih ini sudah berlangsung sekira satu bulan terakhir. Karena sebelumnya, bawang putih yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ini sempat bertahan lama di kisaran harga Rp 34.000 hingga Rp 36.000 per kgnya.

A Simamora, pedagang sayuran di Pasar Tradisional Simpang Limun juga mengakui, belakangan ini harga bawang putih mulai turun. "Sudah mulai turun dua hari ini, dan mudah-mudahan sampai Lebaran. Kalau bisa harganya turun lagi menjadi Rp 30.000 an per kg, biar kami pedagang enak jualnya," ujarnya seraya berharap, harga kebutuhan pokok saat ini mampu dipertahankan hingga Lebaran.

Pengamat ekonomi Gunawan Benjamin menyebutkan, meski harga kebutuhan pokok cenderung stabil saat ini, tetapi pemerintah tidak boleh terlena. Karena fluktuasi harga dengan kecenderungan naik tetap berpeluang terjadi hingga Lebaran mendatang.

"Yang paling penting dilakukan saat ini adalah menjaga ketersediaan bahan pangan yang memadai. Selanjutnya, mempertimbangkan kemungkinan lonjakan konsumsi akibat adanya tambahan uang belanja masyarakat setelah THR," jelasnya.