MEDAN - Pendidikan keselamatan berlalu lintas di jalan raya bagi masyarakat, sangat diperlukan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) khususnya menjelang mudik lebaran nanti. Hal ini disampaikan Mujahidin Pengamat Sosial dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Kamis (8/6/2017).

"Tradisi mudik ini sudah agenda tahunan oleh masyarakat, yang menaiki transportasi umum maupun pribadi, jadi untuk menekan adanya potensi Lakalantas selama mudik, butuh perhatian kita bersama, dan pentingnya pendidikan berlalulintas," jelasnya.

Ia mengatakan edukasi tertib berlalu lintas, ampuh untuk menekan rasio kecelakaan selama mudik, yang tak sedikit menelan korban jiwa.

"Beberapa waktu lalu terjadi lakalantas di Jalan Ringroad, yang mengejutkan kita semua, nah, kita tidak ingin hal demikian terulang, oleh karena itu pentingnya pendidikan tertib lalu lintas, apalagi saat mudik nanti," imbuhnya.

Selain menekankan peran mandiri masyarakat, pria yang akrab disapa Muja ini menyampaikan Pemerintah juga harus mengambil peran lebih, untuk menciptakan kondisi nyaman kepada masyarakat yang mudik di tahun 2017 ini.

Menurut hemat dia, ada 4 hal pekerjaan rumah penting yang harus disiapkan pemerintah. Pertama, mengontrol kelaikan jalan moda transportasi umum maupun pribadi.

"Yang kedua yakni menambah kuota transportasi, seperti penambahan gerbong, bus angkutan," katanya.

Ketiga, menyiapkan rest area atau tempat peristirahatan bagi pemudik di sejumlah titik.

"Di tiap titik itu, selain menjadi tempat peristirahatan, juga mengedukasi masyarakat agar pentingnya berlalu lintas, mengecek fungsi kendaraan, agar memastikan keselamatan dalam melanjutkan perjalanan," tambahnya.

Dan faktor yang keempat, masih dikatakan Muja yakni sarana infrastruktur yang mendukung. Menilik situasi saat ini, infrastruktur di jalan lintas sumatera (Jalinsum) bisa dikatakan masih buruk.

"Infrastruktur itu juga variabel penting dalam menunjang kenyamanan masyarakat saat mudik, seperti kondisi jalan, lampu jalan, dan sebagainya, dan hal ini harus segera dibenahi oleh pemerintah melalui instrument yang terkait," tandasnya.