MEDAN-Penangkapan tiga aktivis ormas Islam oleh Detasemen Khusus 88 Anti Teror Mabes Polri membuat heboh warga Kota Medan.

Apalagi, salah satu yang diamankan adalah Ketua Laskar Forum Umat Islam Sumatera Utara (FUI Sumut), Azzam Alghozi alias Abu Yakub (48).

Ketua FUI Sumut, Ustaz Indra Suheri mengatakan, Azzam memang bagian dari FUI Sumut.

Azzam dipercaya memimpin Laskar FUI sejak beberapa tahun lalu. "Saudara Azzam yang ana (saya) tau adalah pribadi yang rajin ibadah. Beliau itu adalah seorang mualaf yang sangat tekun mendalami ilmu agama," kata Indra pada Tribun, Rabu (7/6/2017) malam.

Indra mengatakan, Azzam sudah 10 tahun berpindah keyakinan. Selama ini, Azzam tinggal di kawasan Sari Rejo, Medan Polonia.

"Saudara Azzam ini keturunan tionghoa. Sejak kemarin malam, ia sudah tak pulang ke rumahnya," ungkap Indra.

Sebelum meninggalkan rumah, Azzam pamit kepada istirinya untuk membeli obat diabetes. Sejak saat itu, Azzam tak memberi kabar, bahkan handphone miliknya sudah tidak aktif.

Selain menangkap Azzam, Tim Densus 88 juga menangkap Reza Aldino (38), pengurus Laskar Jundulloh Annas Sumut. Kemudian, Densus 88 juga menangkap Jhon Hen, mantan pengurus Majelis Mujahidin Sumatera Utara.