JAKARTA - Badan Usaha Milik Negara Jasa Marga di tahun 2017 melalui Departement Human Resources dan General Affair menjalankan proyek Pengadaan Jasa Satuan Pengamanan (SATPAM) untuk Cabang Jagorawi.

Nantinya Satuan Pengaman tersebut akan ditempatkan di Kantor Cabang dan Ruas Tol Jagorawi, Jakarta Timur.

Demi suksesnya proyek tersebut Jasa Marga menyiapkan anggaran sebesar Rp20,6 miliar lebih. Adapun perusahaan yang ditunjuk Jasa Marga untuk bertanggungjawab terkait jasa Satuan Pengamanan adalah PT Kartika Cipta Indonesia yang beralamat di 88 Office Tower A 35th Fl Kota Kasablanka Jl Casablanca Raya Kav 88 Jakarta Selatan.

Nilai proyek yang disepakati kedua belah pihak sebesar Rp 20.314.706.248. Dan nilai tersebut dianggap sangat boros, dan hanya menghambur hamburkan duit perusahaan saja, serta patut dicurigai.

"Oleh karena itu kami dari CBA (center for Budget Analysis) menilai proyek pengadaan jasa SATPAM yang dilakukan pihak Jasa Marga dan PT Kartika Cipta Indonesia sangat janggal. Dari nilai proyek yang disepakati misalnya mencapai angka Rp20 miliar lebih. Harga tersebut jauh lebih mahal dibandingkan tawaran PT Bhawata Nusa Surya Perdana yang hanya membutuhkan anggaran senilai Rp18,2 miliar," ujar Koordinator Investigasi Center for Budget Analysis, Jajang Nurjaman, kepada GoNews.co, Minggu (4/6/2017).

Akibatnya kata dia, dalam proyek pengadaan Jasa Satuan Pengamanan Jasa Marga untuk Cabang Jagorawi ditemukan potensi kebocoran uang negara sebesar Rp2.355.456.496.

"Hal ini sangat disayangkan, bukannya melakukan efisiensi anggaran mengingat Jasa Marga saat ini sedang gencar-gencarnya membangun proyek tol dan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Justru yang terjadi malah sebaliknya," tandasnya..

"Temuan di atas semakin menambah catatan buruk terkait trend kebocoran uang negara di perusahaan pelat merah yang dipimpin Desi Arryani," pungkasnya. ***