MEDAN - Moment pengumuman kelulusan siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) ternyata telah dimanfaatkan oleh sejumlah sekolah swasta untuk menjaring/merekrut calon siswa barunya, Jumat (2/6/2017). Salah satu upaya perekrutan/ menjaring para siswa-siswi baru dapat terlihat dengan jelas di sekolah-sekolah milik pemerintah. Dan berdasarkan pantauan, salah satu di sekolah negeri yang menjadi sasarannya yakni SMP Negeri 7 Medan di Jalan H Adam Malik Medan.

Di situ terlihat jelas ada beberapa pria yang diduga bekerja di salah satu sekolah swasta sedang asyik membagi-bagikan brosur milik sekolah tempatnya bekerja.

Bahkan setiap siswa-siswi SMP Negeri 7 Medan yang datang bersama orangtuanya untuk melihat hasil pengumuman kelulusannya tak luput disodorkan brosur-brosur dengan harapkan mau mendaftar dan masuk ke sekolah swasta tersebut.

"Saya bersama anak mau lihat hasil pengumuman kelulusan, begitu masuk ke dalam SMP Negeri 7 ini langsung disodorkan brosur-brosur sekolah swasta," kata salah seorang orangtua murid SMP Negeri 7 Medan saat akan melihat pengumuman kelulusan anaknya, B Simanjuntak.

Pria berusia 50 tahun yang tinggal di kawasan Tanjungsari ini mengaku kalau pembagian brosur-brosur sekolah swasta ini tidaklah mengganggu. Bahkan ia juga bersyukur dengan adanya bagi-bagi brosur ini dapat dijadikan acuan bagi para orangtua siswa yang anaknya tidak masuk ke sekolah negeri.

"Kalau anaknya gak masuk negeri kan bisa masuk ke sekolah swasta tanpa harus mencari-cari lagi," akunya.