MEDAN-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyalurkan setengah ton kurma bantuan dari donator Makkah, Arab Saudi untuk kabupaten/kota (daerah) di Sumut yang dikunjungi tim Safari Ramadhan 1438 H Pemprov Sumut.

Secara simbolis Gubsu Erry didampingi Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Ilyas Sitorus menerima kurma yang diserahkan oleh Yayasan Arisalah Al Khoiriah Deli Serdang di Kantor Gubsu.

Hadir Ketua Yayasan Arisalah, Muslim, para pengurus lainnya yakni Dori Chandra, Taufik Hidayat, Idrisdan Fakhrijal. Yayasan Arisalah pada ramadhan tahun ini menyalurkan sekitar 300 ton kurma untuk berbuka puasa kepada kaum muslimin di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Papua.

Gubsu Erry menyambut gembira dan bersyukur atas bantuan kurma yang disalurkan di Sumut. “Bantuan ini tentunya sangat didambakan khususnya bagi kaum duafa dalam rangka menegakkan sunnah nabi,” kata Erry.

Erry sendiri mengakui bahwa bantuan kurma yang diberikan kepada Pemprovsu akan disalurkan ke daerah-daerah bersamaan dengan kegiatan Safari Ramadhan. “Dalam kegiatan safari ramadhan, kami selalu membawa dan menyalurkan paket kurma hingga ke daerah terpencil seperti Pulau Telo pada ramadhan tahun lalu,” ujar Erry.

Menurutnya dalam setiap daerah yang dikunjungi, kaum muslimin sangat gembira menerima kurma yang diberikan. Apalagi menkonsumsi kurma baik pada sahur maupun berbuka merupakan sunnah nabi sekaligus bermanfaat bagi tubuh.

Sementara, Ketua Yayasan Muslim mengatakan pihaknya menyakurkan paket kurma ke berbagai instansi, sekolah, masjid. “Sekitar 500 kg untuk Pemprovsu, namun secara keseluruhan ada 300 ton yang kami salurkan secara umum di Pulau Sumatera, sebagian juga ke Jawa, Papua dan Kalimantan,” ujar Muslim.

Jumlah yang disalurkan tersebut meningkat dari 200 ton pada tahun sebelumnya. “Kurma ini bantuan donator dari Makkah yang sudah berjalan memasuki sepuluh tahun,’ katanya.

Selain kurma pada Ramadhan pihaknya juga menyakurkan paket ramadhan dan bantuan 2.000 paket sembako untuk kaum duafa. Yayasan juga melakukan kegiatan syiar dakwah melalui televisi dan radio, serta bantuan pembanggunan masjid, bencana alam dan perguruan tinggi gratis.