SIMALUNGUN - Jalan dari Kabupaten Simalungun menuju Tebing terputus akibat longsor yang terjadi di Desa Nagori Damakitang, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun. Satu unit kendaraan jenis Mitsubishi L300 BK 1942 CA milik Agusmanto Purba warga Nagori Pardomuan Tongah, Kecamatan Silau Kahean ikut amblas terbawa longsor. Namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Pihak pemerintah Kabupaten Simalungun sendiri langsung bergerak cepat untuk melakukan rangkaian perbaikan. Petugas dari BPBD Simalungun sudah turun ke lokasi untuk mengecek kondisi infrastruktur yang mengalami kerusakan tersebut.

"Kami langsung diperintahkan bupati untuk turun kelokasi dan bisa disimpulkan kerusakan akibat longsor tersebut mencapai 90 persen," kata Kepala BPBD Simalungun, Mudahalam Purba, Rabu (31/5/2017).

Mudahalam menjelaskan, Bupati Simalungun JR Saragih sudah meminta dinas terkait untuk saling berkoordinasi memperbaiki kerusakan tersebut. Ia menargetkan perbaikan harus selesai dalam 2 minggu agar aktifitas masyarakat kembali berjalan normal. Sementara perencanaan berjalan, petugas membuatkan jalan alternatif bagi masyarakat.

"Jalan sudah bisa dilalui namun sifatnya hanya sementara, karena bagi kami yang penting masyarakat bisa beraktifitas demi menghidupkan perekonomian di sana," bebernya lagi.

Terpisah Bupati Simalungun JR Saragih mengatakan dalam memperbaiki jalan butuh keseriusan, apalagi kendaraan yang kerap melintas adalah bukan berbeban ringan.

"Setelah ditinjau, maka saya usulkan jalan di Nagori Damakitang akan dibuat jembatan sehingga bisa meminimalisir bencana longsor. Apalagi daerah sana kerap longsor, sehingga pertumbuhan masyarakat tak terhenti," urainya.

Orang nomor satu di Kabupaten Simalungun ini mengatakan kecepatan mereka dalam melakukan perbaikan menjadi bagian penting sebagai wujud pelayanan kepada masyarakat.

"Selalu saya katakan bahwa saya bekerja untuk melayani masyarakat bukan merampok apa yang menjadi hak rakyat. Mengapa demikian? Karena saya dipilih oleh masyarakat dan saya bekerja bukan untuk diri saya sendiri," demikian JR Saragih.