PADANGSIDIMPUAN-Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara menjadi lumbung pangan Kota Padangsidimpuan. Sebab, Padangsidimpuan Tenggara memiliki luas lahan pertanian paling luas se-kecamatan di Kota Padangsidimpuan.

Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan Bambang mengatakan saat ini luas lahan pertanian di Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara mencapai 699 haktere dan sebagai lumbung pertanian di Kota Padangsidimpuan.

Dengan jumlah luas lahan pertanian di Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara dapat membantu percepatan luas tanam padi dalam mensukseskan upaya khusus (upsus) swasembada pangan sesuai nawacita Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Saat ini untuk target tanam di Kota Padangsidimpuan untuk bulan April sebanyak 737 hektare dan bulan Mei sebanyak 707 hektare yang nantinya untuk kegiatan percepatan luas tambah tanam padi seluruh kecamatan se Kota Padangsidimpuan.

Dia menambahkan, dari data target tersebut, mendapatkan luas tambah tanam dan realisasi pada bulan April seluas 836 hektare, dan 586 hektare sampai minggu ke tiga bulan Mei.

Untuk luas lahan pertanian di Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara sebagai penyumbang luas lahan dalam mempercepat upsus di Kota Padangsidimpuan.

"Sudah 30 hektare lahan pertanian ditanami tanaman padi, serta yang belum ditanami mencapai 20 hektare untuk Desa Hutapadang, sebagai sampel lahan pertanian di Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara," katanya.