MEDAN-Bagi mahasiswa, berorganisasi adalah salah satu cara untuk memperkuat silaturrahmi. Tak terkecuali bagi Faza Fauzan Lubis. Mahasiswa jurusan Ekstensi Ekonomi Pembangunan Universitas Sumatera Utara ini menilai organisasi adalah cara untuk memberdayakan masyarakat.

"Mahasiswa harus bersinergi," kata Faza. Karena itu, dia berharap Konferensi Cabang XLIII Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Medan dapat mendorong hal ini.

Sejumlah nama telah mendaftarkan diri sebagai kandidat calon ketua umum HMI Cabang Medan dan Faza memperkirakan persaingan semakin tinggi pada konfercab kali ini mengingat masing-masing komisariat akan mengusung kader-kader terbaiknya sehingga berkoalisi adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan itu.

Sebagai ajang pembelajaran perpolitikan mahasiswa, Faza menilai hal ini sangat bagus jika diterapkan sesuai prosedur dan juga sebagai ajang menjalin silaturrahmi antar komisariat untuk membawa HMI menjadi lebih baik.

Menurutnya, komisariat Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan (PAAP) USU HMI Cabang Medan sudah mendeklarasikannya serta telah mendapatkan rekomendasi dari beberapa komisariat lainnya sebagai pengusung Faza Fauzan Lubis sebagai calon Ketua Umum HMI Cabang Medan periode 2017-2018.

"Saya ingin menyumbang tenaga, pikiran dan konstribusi untuk HMI. Ini adalah salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu poin ketiga pengabdian masyarakat, maka sudah sepatutnya ilmu dan pengalaman yang sudah kita dapatkan di kampus ataupun di luar kampus kita aplikasikan dalam kehidupan bermasyrakat dengan berorganisasi," ujarnya.

Ia menambahkan, HMI harus menjadi garda terdepan dalam mengontrol kebijakan-kebijakan pemerintah di Kota Medan. Selain dari pada itu, HMI juga berfungsi sebagai wadah untuk membangkitkan dan membina kreativitas-kreativitas mahasiswa baik dalam bidang pendidikan, agama, kesenian, olahraga maupun kajian-kajian rutinitas lainnya sehingga organisasi ini dapat menjadi model organisasi yang menjadi panutan khususnya di Kota Medan.

“Saya juga mendapat banyak dukungan dari kawan-kawan, Keluarga, Komunitas dan Komisariat. Ini merupakan modal awal bagi saya sendiri belajar di HMI untuk membina kader-kader yang siap bersaing di tingkat provinsi dan nasional, baik saat ini maupun di masa mendatang,” tambahnya.

Apabila dipercayakan menjadi ketua HMI Cabang Medan periode 2017-2018 menurutnya hal utama yang harus dijalankan adalah fokus pada program dibidang internal baik training formal maupun training nonformal sehingga HMI cabang Medan yang telah berhasil dalam bidang tersebut mampu berbenah ke hal yang lebih baik lagi.

“Bahkan Faza berjanji akan melakukan lokakarya perkaderan demi mensinergiskan dan memperbaiki perkaderan di HMI cabang Medan itu sendiri,” imbuhnya.

BIODATA 
Nama : Faza Fauzan Lubis
Tempat & Tanggal Lahir : Medan, 30 April 1993
Agama : Islam
Alamat : Jl. Mesjid II No.43 Sekip Lubuk Pakam
Fakultas : Ekonomi
Perguruan Tinggi : Universitas Sumatera Utara

JENJANG PENDIDIKAN
SD Negeri 104257 lulus tahun 2005
SMP Negeri 1 Lubuk Pakam lulus tahun 2008
SMA Negeri 1 Lubuk Pakam lulus tahun 2011
S1 Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara sedang berjalan

JENJANG TRAINING

2011 : MAPERCA HMI Cabang Medan 
2011 : LK-1 HMI Cabang Medan 
2015 : LK-II HMI Cabang Loteng 
2016 : SC HMI Cabang Medan 

PENGALAMAN ORGANISASI

2012 : Departemen P3A Komisariat PAAP USU HMI Cabang Medan
2013 : Kabid KPP Komisariat PAAP USU HMI Cabang Medan
2014 : Ketua Umum Komisariat PAAP USU HMI Cabang Medan
2015 : Wasekum PAO HMI Cabang Medan
2016 : Kabid Litbang HMI Cabang Medan