MEDAN-Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sumut membuka pendaftaran bakal calon legislatif Sumut untuk Pemilihan Legislatif 2019 mendatang.

Sekretaris DPW PAN Sumut,Yahdi Khoir Harahap mengatakan pembukaan masa pendaftaran yang terbilang dini memang sengaja dipilih.

Sistem pendaftaran secara dini tersebut memiliki berbagai maksud dan tujuan tertentu.
Di antaranya agar memaksimalkan proses penilaian kualitas dan mutu calon legislatif yang telah mendaftar.

Sistem pembukaan dini ini juga dimaksudkan untuk memberi kesempatan yang lebih luas bagi semua pihak.

Selain itu, cara ini juga dianggap ampuh mencegah munculnya politisi karbitan yang belum terjamin mutu dan kualitasnya.

"Mulai hari ini kita resmi me-launching pencalegan dini, siapapun yang ingin bergabung kita buka kesempatan seluas-luasnya. Baik untuk kader, simpatisan serta tokoh-tokoh masyarakat," ujar Yahdi di Kantor DPW PAN Sumut Jalan Wahid Hasyim, Medan.

Yahdi melanjutkan, para pendaftar akan melalui berbagai tahapan dan penilaian sebelum diputuskan untuk diusung maju. Satu di antara penilaian itu adalah kinerja bakal calon dalam membina masyarakat di calon daerah pemilihannya.

"Kita buka pencalegan dini ini sehingga dari awal mereka sudah berkompetisi secara sehat dan fair. Ujungnya nanti tetap harus mengakui keunggulan orang lain atau siapa pun yang nantinya terpilih dengan suara dari dapil terbanyak. Itu lah pilihan masyarakat," ujarnya.

Yahdi menambahkan, masa pendaftaran bakal calon legislatif ini akan dibuka hingga November 2017 mendatang. Formulir pendaftaran dapat diperoleh di kantor partai tersebut.