LABUHANBATU - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Siti Awal Pangonal Harahap gelar peringatan ke-53 Hari Kartini Tahun 2017 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu yang berlangsung di Aula Asrama Haji Ujung Bandar Rantauprapat, Selasa (23/5/2017). Ketua PKK Labuhanbatu, Hj Siti Awal Pangonal Harahap menyebutkan, kegiatan ini merupakan momentum yang sangat baik untuk merefleksikan kembali betapa perempuan merupakan sosok yang sangat berperan penting dalam kemajuan semua bangsa. Perjuangan Kartini adalah simbol perjuangan perempuan dan semangat untuk bangkit dari kungkungan budaya patriarki, khususnya pendidikan.

"Sebagai perempuan kita patut memunculkan sosok kartini dalam sanubari kita, perempuan harus tampil kedepan menjadi motor penggerak perubahan, yang hakekatnya adalah gerakan transpormasi dan bukanlah gerakan untuk balas dendam kepada kaum lelaki, gerakan transformasi ini harus dapat menciptakan hubungan yang harmonis antara laki-laki dan perempuan dalam berperan serta mengisi pembangunan di daerah kita ini," kata Hj. Siti Awal.

Untuk itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat khususnya kaum perempuan dengan semangat kartini yang mendukung perempuan dan anak, melalui program Three And’s tahun ini.

"Yaitu akhiri kesenjangan ekonomi antara laki-laki dan perempuan, mari sama-sama kita bergandengan tangan dalam menyelesaikan permasalah perempuan dan anak terutama di Kabupaten Labuhanbatu," tandasnya.

Sementara itu, Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Amru, mengungkapkan, perempuan bukan hanya pelengkap dalam keluarga dan masyarakat, tetapi saling melengkapi antara perempuan dan laki-laki untuk memajukan daerah ini.

"Anak sebagai generasi penerus bangsa, juga sudah seharusnya kita memperhatikan mereka, dengan memberikan hak-haknya dan menyelesaikan permasalahan mereka melalui pengembangan komunikasi, informasi dan edukasi serta memfasilitasi sarana dan prasarana yang ramah anak," tandasnya.

Bila melihat jumlah perempuan di Labuhanbatu ini, angkanya hampir mendekati 50% dari jumlah penduduk. 32% di antaranya jumlah anak dari jumlah penduduk yang ada.

"Ini merupakan potensi yang luar biasa bagi perempuan untuk berpartisipasi dan menunjukkan bahwa perempuan bukan hanya pelengkap dalam keluarga dan masyarakat," jelasnya.

Ketua Panitia Hari Kartini, Hj. Ellya Rosa Siregar, dalam laporannya menjelaskan, dalam memeriahkan Hari Kartini pihaknya melaksanakan berbagai kegiatan seperti Lomba baca puisi yang diikuti 33 peserta, lomba senam Three End’s yang diikuti 20 grup senam dari beberapa organisasi perempuan dan unit-unit Dharma Wanita Kabupaten Labuhanbatu, Doorprize Busana Kebaya Kartini terbaik peserta lomba baca puisi dan Doorprize kupon snack untuk peserta lomba.

Dalam acara Peringatan Hari Kartini Ke-53 Tahun 2017 Kabupaten Labuhanbatu tersebut Ketua Dharma Wanita Kabupaten Labuhanbatu Ny. M. Yusuf Siagian membacakan riwayat/sejarah singkat tentang Raden Ajeng Kartini yang dirangkai dengan memberian trophy dan hadiah perlombaan.