MEDAN - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Medan menjalin Pertukaran Pelajar dengan Sekolah Menengah Kebangsaan (SMK) Seri Sepang Selangor, Malaysia pada Senin (22/5/2017). Program pertukaran pelajar ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerjasama yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara MAN 2 Model Medan dengan SMK Seri Sepang yang telah dicetuskan pada 16 September 2016 yang lalu, saat kunjungan studi banding yang dilakukan SMK Seri Sepang ke MAN 2.

Jalinan pertukaran pelajar ini dilakukan dengan 2 gelombang. Dimana gelombang I dilaksanakan pada bulan Mei 2017, dengan agenda SMK Seri Sepang Malaysia mengirimkan 9 orang siswa dan 2 Guru Pendamping untuk mengikuti aktivitas pembelajaran di MAN 2 Model Medan.

Selanjutnya gelombang II pada Juli 2017 disusul dengan agenda MAN 2 Model Medan mengirimkan 15 orang siswa dan 2 guru pendamping untuk mengikuti pembelajaran di SMK Seri Sepang Malaysia. Masing-masing pihak saling berbagi ilmu dan pengalaman belajar serta mendiskusikan kekurangan yang dimiliki agar dapat bangkit menuju pembelajaran yang lebih berkualitas.

Dalam sambutannya, Kepala MAN 2 Model Medan H Burhanuddin memperkenalkan bahwa MAN 2 Medan merupakan salah satu dari 33 MAN di Indonesia yang ditetapkan Kementerian Agama RI sebagai MAN Model (Percontohan) bagi madrasah-madrasah Aliyah Negeri dan Swasta di Indonesia. Karena itu, MAN 2 terus berupaya mengembangkan model pendidikan Islam modern yang handal, karena MAN 2 ke depan memegang peran penting dalam membangun peradaban pendidikan Islam di dunia.

Burhanuddin juga menyatakan, seluruh ruang belajar di MAN 2 ini dilengkapi dengan program fulldays school yang diperkuat dengan penguasaan Bahasa Arab dan Inggris dan Tahfizul Quran.

"Program ini diikuti 2.263 orang siswa pada dua lokasi, yakni di Jalan Willem Iskandar Medan dan Jalan Melati Raya Medan. Untuk memperkuat motivasi belajar siswa, rombongan MAN 2 juga telah mengadakan studi banding ke beberapa lembaga pendidikan Islam terkemuka di Malaysia, Singapura, dan Thailand," ungkap Burhanuddin, Senin (22/5/2017).

Selain itu, Kepala SMK Seri Sepang Malaysia yang diwakili Tuan Mudzaffar bin memaparkan bahwa dengan pertukaran pelajar ini dapat belajar menambah ilmu dan pengalaman dengan para guru dan siswa MAN 2 serta berdiskusi untuk mencapai kemajuan bersama. Pihaknya juga akan mencontoh sisi keunggulan MAN 2 dalam pencapaian prestasi kesiswaan dan program Tahfizul Quran. Mudzaffar mengakui, MAN 2 kaya dengan prestasi, sebab MAN 2 banyak melakukan terobosan baru untuk menjadi madrasah unggulan.

Setelah menyaksikan upacara bendera dan tampilan ekskul MAN 2 saya melihat sesuatu yang luar biasa. Model upacara yang ditata dengan petugas Paskibra dan bina musika serta ketertiban dalam upacara perlu kami contoh dan sangat berharga. Kami yakin untuk bidang Sains, Agama, Keterampilan, dan Seni MAN 2 juga luar biasa ujar Mudzaffar.