MEDAN-Meski tanpa senam jantung sehat namun masyarakat yang mengikuti Car Free Day (CFD) di Lapangan Merdeka Medan tetap cukup banyak, Minggu (21/5) pagi. Selain mengajak untuk berolahraga bersama, CFD kali ini juga memberikan sejumlah hadiah menarik kepada masyarakat melalui lucky draw.

Hal itu dilakukan agar warga semakin antusias mengikuti kegiatan yang digelar dalam rangka sosialisasi untuk mengurangi polusi yang disebabkan emisi gas buang tersebut.

Sebagai ganti senam jantung sehat, CFD yang diselenggarakan Pemko Medan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Medan sebagai sosialisasi untuk mengajak masyarakat mengurangi polusi yang disebabkan emisi gas buang kenderaan bermotor ini menghadirkan senam aerobik yang dipandu sejumlah instruktur.

Bagi warga yang tidak mengikuti senam aerobik, mereka menggunakan momen CFD untuk melaksanakan olahraga lainnya seperti jogging, sepatu roda, bersepeda maupun jalan santai bersama anggota keluarganya. Itu sebabnya Lapangan Merdeka selalu dipadati pengunjung setiap Minggu pagi. Apalagi terkadang sejumlah stakeholder juga menggelar sejumlah kegiatan untuk memeriahkan CFD.

Usai senam aerobik dan kegiatan olahraga lainnya, Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama Wakil ketua DPRD Medan, H Iswanda Nanda Ramli didampingi Kadispora Kota Medan, Mara Husin Lubis SH membagikan sejumlah hadiah menarik bagi peserta CFD yang beruntung melalui lucky draw seperti sepeda, televisi, kulkas, mesin cuci, dispenser maupun hadiah lainnya.

Menurut Wali kota, pembagian hadiah ini dilakukan sebagai motivasi untuk mengajak masyarakat semakin antusias menguikuti CFD setiap Minggu pagi. Selain untuk mengurangi polusi, Wali kota ingin CFD menjadi ajang berkumpulnya warga Medan untuk berolahraga sekaligus bersilturahmi.

“Selain mendapatkan kesehatan dengan berolahraga, kita ingin membangun rasa kebersamaan diantara seluruh warga Kota Medan,” kata Wali kota.

Usai menyerahkan hadiah kepada sejumlah warga yang beruntung, Wali Kota bersama Wakil ketua DPRD Medan, Kadispora beserta beberapa pimpinan SKPD selanjutnya berjalan mengelilingi Lapangan Merdeka. Selain melihat warga yang tengah berolahraga, Eldin juga ingin melihat kondisi lapangan bersejarah peninggalan zaman kolonial Belanda sekaligus bersilaturahmi dengan para warga.

Wali Kota sempat mendapati sampah pembungkus makanan dan minumanm warga yang selesai berolahraga berserakan. Dia minta SKPD terkait dengan Lapangan Merdeka peka dan cepat melakukan pembersihan agar sampah tidak berserakan. Di samping itu selalu mengingatkan warga tidak membuang sampah sembarangan dengan menyediakan tong sampah di sejumlah titik di Lapangan Merdeka. “Lapangan Merdeka harus selalu bersih!” tegasnya.

Dikatakan Wali Kota, kebersihan kota ini bukan tanggung jawab pemerintah semata melainkanseluruh lapisan masyarakat. Untuk itu dia berahap semua harus peduli dengan masalah kebersihan. “Medan adalah rumah kita. Untuk itulah mari kita jaga bersama sehingga kota yang kita cintai ini bersih dari sampah,” imbaunya.