NATUNA - Selama dua hari, sejak Kamis (18/5/2017), TNI menggelar latihan bersama PPRC (Pasukan Pemukul Reaksi Cepat) di Tanjungdatuk, Natuna.

Sebanyak 23 gubernur seluruh Indonesia juga ikut dalam latihan bersama tersebut. 

Sama dengan prajurit lainnya, para gubernur mengikuti sejumlah rangkaian latihan tempur, termasuk tidur di kapal perang (KRI) milik TNI.

Selama latihan, mereka tidak diperbolehkan membawa ajudan dan protokol dan hanya dibekali dengan ransel yang sudah disiapkan, sebagaimana layaknya latihan tempur.

Salah satu rangkaian kegiatan para gubernur adalah latihan menembak. Seluruh gubernur diuji kemampuannya menggunakan senjata jenis pistol.

Dari data hasil latihan menembak tersebut, ternyata Gubernur Jambi Zumi Zola paling jago menembak.  Gubernur ganteng dan paling muda ini berhasil mengumpulkan poin 86.

Hasil ini jauh dibandingkan saingan terdekatnya, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran (74) serta Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (72). 

Sedangkan Gubernur Bali yang juga purnawirawan polisi, I Made mangku Pastika berada di urutan keempat dengan nilai 69. Lalu, bagaimana dengan Gubernur Kepri Nurdin Basirun?

Hasil tembakannya tidak begitu menggembirakan karena hanya mampu mengumpulkan 34 poin. Nilai Nurdin sama dengan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Nurdin memang bukan juru kunci karena di bawahnya masih ada Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie (31) dan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak (32). ***