TAPSEL-Mengantisipasi ketersedian bahan pokok menyambut bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri yang akan datang, Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) AKBP Mohammad Iqbal membuat nota kesepahaman dengan tiga kepala daerah di wilayah Tapanuli bagian Selatan (Tabagsel).

Tiga kepala daerah, Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, Bupati Padang Lawas (Palas) H Tongku Sutan Oloan, dan Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) yang diwakili oleh wakil Bupati.

Acara yang digelar di Aula Pratidina Mapolres Tapsel ini membahas kesiapan pemerintah terkait kebutuhan bahan pokok termasuk stok yang tersedia sampai ke pada pendistribusian bahan pokok tersebut.

Mengenai ketersedian pangan (bahan pokok), untuk mencegah spekulan-spekulan nakal yang menimbun bahan kebutuhan pokok untuk mengambil keuntungan lebih besar terkait bulan Ramadhan dan Idul Fitri nanti Kapolres Tapsel juga menerangkan pihaknya akan melakukan operasi pasar di 3 wilayah kabupaten ini, apabila kita menemukan ada oknum-oknum tertentu yang memanfaatkan keadaan terkait bahan pokok.

"Kita akan tidak tegas. Dalam hal ini, kita sudah melakukan kerjasama juga dengan Bulog, Kejaksaan maupun Pengadilan. Jangan sampai kebutuhan masyarakat tak terpenuhi akibat ulah orang-orang yang tak bertanggungjawab," tuturnya.

Terkait kondisi jalan di 3 wilayah Kabupaten ini, bahwa kondisi jalan sangat berpengaruh dalam pendistribusian bahan pokok tersebut, sehingga perbaikan dan perawatan jalan perlu menjadi prioritas untuk menjamin kelancaran.

Kapolres Tapsel menambahkan pihak sudah membuat pemetaan terkait jalan jalan yang rusak maupun rawan longsor baik itu jalan nasional maupun provinsi yang melalui ke-3 wilayah kabupaten yang masuk kedalam wilayah hukum Polres Tapsel. Dalam hal ini kami sebagai pihak kepolisian merasa berkewajiban mengatisipasi terjadinya keterlambatan penyaluran bahan pokok nanti.

"Sehingga kami mengajak 3 kepala daerah tersebut untuk melakukan kesepakatan guna menyurati Gubernur Sumatra Utara dan Pemerintah pusat untuk memperbaiki jalan-jalan rusak yang telah kami petakan ini," tambah Kapolres.