PADANGSIDIMPUAN - Kegiatan latihan menembak dengan senjata ringan yang diadakan Kodim 0212/TS di lapangan tembak Pijor Koling, berakhir Rabu (17/5/2017). Kegiatan yang digelar selama 3 hari sejak Senin (15/5/2017) kemarin, demi memelihara serta meningkatkan kemahiran prajurit dalam menggunakan senjata ringan, serta pengetahuan tehnik juga karakteristik dalam menggunakan senjata perorangan.

Dandim 0212/Ts Letkol ARM Azhari SIP melalui Pasi Ops Kapten Inf Sudirman Pakpahan, Kamis (17/5/2017) menjelaskan, pelaksanaan latihan menembak senjata ringan ini dilaksanakan secara bergiliran selama tiga hari mulai dari personel Kodim, Para Perwira Staf dan Koramil sejajaran Kodim 0212/TS dengan menggunakan senjata SSI dan pistol sebagai senjata organik prajurit Kodim 0212/TS.

"(Selama) kegiatan latihan menembak tersebut, prajurit Kodim 0212/TS dapat melaksanakan tembak tepat/penilaian jarak 100 meter dengan posisi sikap tiarap tidak tersandar, sikap duduk/berlutut, dan sikap berdiri," ujar Kapten Inf Sudirman Pakpahan.

Menurutnya, latihan menembak itu dipantau Pasi Operasi, Kapten Inf Sudirman Pakpahan dengan tujuan untuk menjaga, memelihara serta meningkatkan kemahiran prajurit dalam menggunakan senjata ringan, pengetahuan teknik serta karakteristik dalam menggunakan senjata perorangan masing-masing.

“Latihan menembak senjata ringan harus dilaksanakan secara terukur, terarah dan terkoordinasi sehingga hasilnya dapat dinilai serta dievaluasi dalam rangka meningkatkan kemampuan perorangan prajurit untuk memperoleh kemampuan menembak yang baik, maka harus dilaksanakan latihan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut sehingga kemampuan menembak prajurit di satuan jajaran Kodim 0212/TS dapat terus terpelihara dan ditingkatkan dengan baik," ucap Pasi Operasi Kodim 0212/TS Kapten Inf Sudirman Pakpahan.

Kegiatan menembak jarak 100 meter ini merupakan kegiatan program kerja TA 2017 menembak senjata ringan sehingga dengan latihan yang terus menerus, bertingkat dan berlanjut nantinya personel Kodim 0212/TS akan mampu melaksanakan dan mahir menembak sesuai dengan tingkatannya.

“Prajurit Kodim 0212/TS harus mampu dan bisa melaksanakan menembak dengan baik dan benar selanjutnya akan mampu mendapatkan hasil sesuai dengan standarisasi kemampuan menembak dalam hal ini mahir menembak,” tandasnya.