Home >  Berita >  Ekonomi

Jelang Ramadhan, Harga Bawang Merah di Medan Melorot

Jelang Ramadhan, Harga Bawang Merah di Medan Melorot
Kamis, 18 Mei 2017 16:02 WIB

MEDAN-Harga bawang merah mulai mengalami penurunan semenjak awal tahun 2017, sebelumnya harga bawang merah perkiligramnya tembus mencapai Rp 50 ribu perkilogramnya, Lalu turun ke Rp35 Ribu perkilogramnya, kini turun di harga 25 ribu perkilogramnya.

Seperti di Pasar Sekambing Medan, harga bawang merah merah ini turun perlahan mulai dari Rp 50 ribu perkilogram kemudian berangsur turun di harga Rp 30 Ribu - Rp 28 Ribu perkilogramny, hingga saat ini di harga Rp 25 ribu perkilogramnya.

"Sebulan yang lalu harga bawang disini Rp35 ribu sekilo, Lalu Rp28 ribu sekilo dan sekarang turun lagi jadi Rp25 ribu sekilo," ungkap Yola Hasibuan pedagang sayuran Pasar Tradisional Sekambing.

Yola juga mengatakan bahwa penurunan ini diakibatkan stok bawang merah melimpah dari distributor. "Stok bawang merah lagi banyak bang kata distributorku, bawang lokal lagi panen tambah lagi bawang impor, kemungkinan besar harga bawang merah ini bakalan turun lagi, tetapi tidak sampai anjlok," paparnya.

Ads
Terpisah Tito Panjaitan salah satu Pedagang sayuran di Pasar Tradisional Pringgam juga mengatakan bahwa harga bawang merah dan harga komoditas lainnya di tempatnya membuka lapak tengah mengalami penurunan.

"Di sini kami jual bawang merah Rp 25 ribu perkilo, Kemudian cabai merah yang tadinya Rp 28.000 turun menjadi Rp24.000 per kg, bawang merah yang awalnya Rp35.000 kini jadi Rp25.000 kg. Harga cabai rawit, naik sedikit dari Rp 20.000 menjadi Rp25.000 per kg," ujarnya.

Lanjut rianto bawang merah yang dipasarkan itu tergantung kualitasnya. " Kalau yang kualitas bagus kita jual 28 perkilogramnya nya bang." Tambanya

Salah satu pembeli Septi mengatakan penurunan bawang merah ini tidak membuatnya membeli secara berlebihan. "Meskipun turun, ya saya hanya beli seperlunya bang, tidak menstok. Tapi saya merasa terbantu dengan turunnya bawang merah ini apalagi cabai merah juga turun bang," ungkanya.

Editor : Wen
Sumber : metro24.co
Kategori : Ekonomi, Gonews Group, Medan, Sumatera Utara
www www