PADANGSIDIMPUAN-Jelang Ramadan hingga lebaran nanti, ketersediaan beras untuk wilayah Tabagsel seperti Padangsidimpuan, Tapsel, Paluta, Palas dan Madina dipastikan aman, bahkan hingga tiga bulan kedepan.

Kabulog Subdivre Padangsidimpuan Jajat Sudrajat mengatakan, mengantisipasi ketersediaan beras selama ramadan hingga lebaran nanti, pihaknya sudah menyiapkan ribuan stok beras.

"Kita sudah sudah mengantisipasi ketersediaan beras selama ramadan hingga lebaran nanti dengan menyetok di seluruh gudang-gudang yang ada. Dan dipastikan aman," ungkapnya saat ditemui.

Kata Jajat, pihaknya sudah menyetok sebanyak 4500 Ton berasa di gudang-gudang penyimpanan yang ada. Seperti di Gudang Palopat Pijorkoling PadangSidimpuan, sebanyak kurang lebih 3000 Ton, di Gudang Bulog Sitataring Padangsidimpuan sebanyak 1000 Ton dan di Gudang Bulog di Sibuhuan Kabupaten Palas sebanyak 500 Ton.

"Itu juga sudah termasuk Rastra (Beras Sejahtera,red) yang akan disalurkan ke seluruh Kabupaten dan Kota se-Tabagsel untuk Tiga Bulan kedepan," tukasnya.

Dia juga menjelaskan, pihak Bulog mempunyai kewajiban untuk mengendalikan harga pasar. Dan untuk itu, diperlukan upaya serta program yang mendukung tugas tersebut.

"Untuk harga beras sampai saat ini masih stabil, begitupun tetap akan kita lakukan upaya agar harga tidak naik. Apalagi menjelang Ramadan hingga Lebaran nanti," ujarnya dan sudah menyiapkan program Gerakan Stabilisasi Pangan untuk dijalankan.