JAKARTA - Pecatur andalan Indonesia Medina Aulia Warda memimpin sementara Japfa Chess Festival 2017. Hingga babak ke delapan yang berlangsung di Gedung Serba Guna, Rabu (17/5/2017), Medina berhasil mengumpulkan 5,5 VP setelah berhasil mengalahkan Pascua Heridas (Philipina).

"Tiga babak terakhir saya akan bermain maksimal agar meraih poin tertinggi. Setelah bermain selama 8 babak saingan terberat saya adalah pecatur dari India yang sempat bersaing ketat dengan saya di ronde ke 7," ujar Medina usai pertandingan.

Sementara meski kalah dari Medina, Pecatur Filipina, IM Haridas Pascua yang memiliki elo rating paling tinggi (243) memiliki poin sama dengan Medina, yakni 5,5 PV. Ini setelah pada babak ke -7,  Pascua meraih kemenangan. 

Sebelumnya di babak pertama, Haridas bermain imbang saat menghadapi pecatur asal Rumania, IM Alina L’Ami (2303). Di babak kedua dia mengandaskan pecatur cantik Iran, WGM Mitra Hejazipour (2356).

Di babak ketiga dia kembali bermain remis saat menghadapi pecatur Viatenam, IM Thanh Ninh Corivo (2405), menang dari juara dunia U-16 asal Peru, WGM Deysi Cori T (2428) di babak keempat, dan bermain remis saat menghadapi pecatur putra dari India IM Sagar Shah (2413) di babak ke-5.

Ketua Bidang Pembinaan PB Percasi, Kristanus Lim tetap optimis FM Novendra Priasmoro akan mampu mempertahankan gelar juaranya.

"Dengan kemampuan yang dimilikinya, saya optimis Novendra akan mampu mempertahankan gelar juara,” ujar Kristianus. ***