TAPANULI SELATAN - Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), mengeluarkan sebanyak 763 surat tilang kepada pegendara kenderaan bermotor di Tapsel, Padang Lawas Utara (Paluta), dan Padang Lawas (Palas), yang menjadi wilayah hukum pimpinan AKBP Mohammad Iqbal.

Dari 763 surat tilang tersebut, 461 diantaranya untuk kendaraan roda 2 dan 302 tilang untuk kendaraan roda 4. Sementara itu, untuk teguran sendiri, polisi mengeluarkan 74 teguran seperti tidak menyalakan lampu di siang hari.

Selain itu, pada Operasi Patuh Toba 2017 ini, Sat Lantas Polres Tapsel telah menangani dua kasus kecelakaan yang keduanya terjadi di wilayah Kabupaten Palas. Berdasarkan laporan dari petugas di lapangan, kecelakaan tersebut terjadi pada hari Sabtu (13/5/2017) di KM 05 - 06 Desa Tangga Bosi, Kecamatan Lubuk Barumun, Sosa, Palas, yang mana sebuah kendaraan mobil truk Mitsubshi dengan plat nomor BB 8265 LK menabrak seorang pejalan kaki.

Minggu (14/5/2017) di KM 08-09 batas wilayah Sibuhuan-Ujung Batu Palas, melibatkan kecelakaan antara pengendara Yamaha Vixion BB 2487 KI dengan sepeda motor Honda Supra tanpa plat. Dari dua kecelakaan tersebut, 1 diantaranya tewas saat mendapat perawatan di RSUD Sibuhuan. Ada pun korban yang tewas adalah Abif Alawi Lubis warga Desa Tangga Bosi, Kecamatan Lubuk Barumun Palas, akibat tertabrak truk Mitsubshi tersebut.

Kapolres Tapsel AKBP Mohammad Iqbal melalui Kasat Lantas Polres Tapsel AKP Budi Saputro yang dikonfirmasi GoSumut, Selasa (16/5/2017) berharap, operasi yang digelar ini dapat memberikan efek jera kepada pengendara.

"Kami berharap dengan digelarnya Ops Patuh Toba 2017 dapat memberikan efek jera bagi para pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat. Sebab, kesadaran tertib berlalulintas ini sangat berpengaruh guna menekan tingkat kecelakaan lalu lintas. Sebagai contoh sekarang ini banyak kita jumpai pengendara sepeda motor yang masih belum memiliki SIM karena masih dibawah umur, kemudian mereka masih minim kesadaran akan tertib berlalu lintas. Kami mengharapkan kepada semua masyarakat yang menjadi pengguna lalu lintas agar terus menjadi pelopor trrtib berlalu lintas," ujar pria yang sebentar lagi akan pindah tugas ke Polres Langkat ini.