MEDAN - Perancangan produk merupakan salah satu keilmuan yang penting dalam keilmuan teknik industri. Seorang teknik Industri layaknya bisa merancang produk untuk menjawab kebutuhan konsumen. "Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut perguruan tinggi memberikan lulusan yang tidak hanya berorientasi pada pemahaman teoritis, namun juga pada penerapan ilmu kuliah," kata Ketua Panitia M Bayu Noviza, Senin (15/5/2017) saat ditanya wartawan disela-sela akan dilaksanakannya kegiatan Product Design Competition di Fakultas Teknik Industri USU 17-19 Mei 2017.

Bayu  menjelaskan, Product Design Competition merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Laboratorium Sistem produksi Fakultas Teknik Jurusan Teknik Industri USU sejak tahun 2010.

Setiap tahunnya, kata dia, Produk Design Competition datang dengan tema yang berbeda dan relevan dengan kondisi aktual. Kali ini Product Design Competition mengangkat tema green innovation.

"Melihat bumi yang semakin menua dengan segala penyakit yang ditanggungnya, sehingga dibutuhkan rancangan produk yang ramah lingkungan dan juga memiliki nilai tambah dari produk itu sendiri. Terlebih di era perkembangan teknologi yang begitu pesat dan berkurangnya pasokan energi yang tidak terbarukan, konsumen mulai tertarik pada isu hemat energi dan energi alternatif," paparnya.

Product Design Competition tahun ini memiliki beberapa rangkaian acara yaitu pada 17 Mei 2017 acara English Debate tentang paper yang telah dibuat peserta sebelumnya, 18 Mei 2017 seminar nasional dengan 3 pembicara hebat yaitu  Dr Ir M Sabri MT (Ketua Departemen Teknik Mesin USU), Prof Ir Moses L Singgih (Dosen Teknik Industri ITS), Ir Terip Karo-karo MS (Praktisi Pemilik CV Teknologi Tepat Guna).