SIMALUNGUN – Lomba Binter Tingkat Kodim yang ke-20 digelar di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara dan langsung dibuka Bupati Simalungun, JR Saragih, Senin (15/5/2017). Dalam pembukaan, hadir Ketua Tim Penilaian dari Pusterat Lomba Binter, Kolonel Infantri Sugiyono. Hadir juga Wakil Ketua Tim Penilaian dari Pusterat Lomba Binter, Letkol Suhartono, Anggota Tim Penilaian dari Pusterat Lomba Binter, Mayor Windi Ismail, Dandim 0207/Simalungun, Letkol Inf. Oni Kristiono Goendong dan Tokoh agama Islam, Syekh Muda H Ahmad Syakban Arrahmani.

Pada kesempatan itu, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf. Oni Kristiono Goendong mengatakan, setiap tahun lomba ini menjadi kegiatan yang dipertandingkan oleh seluruh TNI Angkatan Darat di Indonesia.

"Kodim 0207/Simalungun dipercaya menjadi perwakilan dari Kodam I Bukit Barisan yang ada di Simalungun untuk mengikuti pertandingan," ujar Inf Oni di Kodim 02/07 Simalungun di jalan Jhon Horailam Saragih, Pematang Raya.

Menurutnya, Binter merupakan singkatan dari Pembinaan Teritorial yang fungsinya untuk mengetahui bagaimana bidang program teritorial ini bisa diterapkan dan dilaksanakan kepada masyarakat.

"Pengertian teritorial di sini, bagaimana kedekatan tentara dengan rakyat. Di dalam lomba Binter terdapat pertandingan administrasi satu hingga lima, program teritorial di koramil-koramil, hingga pembinaan teritorial unggulan khususnya di desa," tambahnya.

Ketua Tim Penilaian dari Pusterat Lomba Binter, Kolonel Infantri Sugiyono, berpendapat setiap Kodam menjagokan kodimnya masing-masing. Kodim 0207/Simalungun menjadi yang terbaik dari empat propinsi yang ada di Sumatera dari Kodam I Bukit Barisan.

"Nantinya, Kodim ini akan bertanding melawan 13 Kodim yang ada di Indonesia, diantaranya Subang Aceh, Lombok Timur, Muntok, Jayapura, Samarinda," kata Kol Sugiyono.

Dalam hal ini Bupati Simalungun sangat mengapresiasi lomba ini dan berharap agar Kodim di wilayahnya bisa membawa nama baik Kabupaten Simalungun sehingga dikenal lebih baik ke depannya.

"Kehadiran Kodim sangat membantu Simalungun dan hubungannya dengan Polres serta Pemkab sangat harmonis. Pembangunan juga terus dilakukan," tukasnya.

Acara tersebut juga melaksanakan bakti sosial, pasar murah, pengobatan gratis, pelayanan Keluarga Berencana, pelayanan catatan sipil, lomba tarian Tao Toba Maulid tingkat SMA se-Kabupaten Simalungun.