PADANG LAWAS UTARA-Disela-sela kunjungan kerjanya ke Tabagsel, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyempatkan diri mengunjungi Pasar Tradisional Aek Godang, Kecamatan Hulu Sihapas, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta).

Kunjungan dilakukan Gubsu untuk memantau harga pangan dan kebutuhan pokok lainnya menjelang bulan suci Ramadhan. Gubernur didampingi Ketua PKK Hj Evi Diana Erry, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Azhar Harahap, Kadis Ketahanan Pangan dan Perternakan Dahler, Kadis PMD Aspan Sofian Batubara, Kepala Penanaman Modal dan P2TP Bondaharo Siregar serta Kepala Biro Humas dan Protokol Ilyas Sitorus.

"Dihari kedua kunjungan kerja kami ke Tabagsel yakni Sidempuan dan Paluta kita menyempatkan berkunjung ke pasar tradisional Aek Godang yang letaknya tidak jauh dari Bandara Aek Godang," ucap Tengku Erry.

Erry menyebutkan, pantauan harga kebutuhan pokok di pasar tradisional tersebut diketahui bahwa harga-harga masih relatif stabil. Bahkan menurut Gubsu berdasarkan pantauan harga kebutuhan pokok di seluruh Sumut juga masih stabil.

"Kami melihat harga-harga masih relatif stabil di seluruh pasar di Sumut meskipun hampir memasuki bulan Ramadhan. Hingga saat ini kita masih deflasi. Mudah-mudahan harga kebutuhan pokok tetap stabil saat Ramadhan dan Lebaran nanti," harapnya.

Berdasarkan pantauan harga kebutuhan pokok di Pasar Aek Godang, harga bawang merah Rp 20ribu/kilo, bawang putih Rp48 ribu/kilo, cabai merah Rp30 ribu/kilo, beras lokal Rp145-Rp150 ribu/kaleng, kentang ukuran besar Rp11 ribu/kg, kentang ukuran keci Rp7 ribu/kg, tomat Rp10/kg, minyak goreng Rp12 ribu/kilo, tepung roti Rp7000/kg, dan gula putih Rp13 ribu14 ribu/kg. Selanjutnya ayam potong Rp34 ribu/kg, ikan mas Rp35 ribu/kilo, telur Rp38 ribu/papan.

Dalam kunjungannya ke Pasar Aek Godang, Gubsu Erry dan Evi Diana melakukan interaksi langsung kepada para pedagang. Tak pelak kondisi ini sempat memancing reaksi sejumlah pedagang meminta foto bersama Gubsu. Bahkan pedagang sayur dan cabai bernama Ilin Puspita terlihat sangat gembira ketika dagangan miliknya dibeli Gubsu Erry.

"Alhamdulillah. Terima kasih pak Gubernur," ujar Ilin gembira sembari menerima selembar uang seratus ribu rupiah dari tangan Gubsu.

Tidak hanya berbelanja kebutuhan pokok, Evi Diana juga membeli panganan ringan khas Tabagsel seperti panggelong dan lainnya.