KARO-Danau baru terbentuk dengan luas diperkirakan 5 hektar berjarak 3 km dari kaki gunung Sinabung terletak di Desa Sukanalu, Kecamatan Naman Teran. Karo, merupakan dari sunagi Lau Borus tertutup material dari muntahan gunung Sinabung.

Pantauan GoSumut, jalan menuju lokasi danau tersebut melalui jalan setapak tidak digunakan hanya beberapa warga bertani. Namum diperkirakan sudah banyak warga masuk ke lokasi untuk melihat bahkan mandi ke danau tersebut.

Padahal lokasi danau tersebut merupakan zona merah dan luncuran awan panas dan lahar gunung Sinabung. Namun masih banyak warga nekat masuk untuk sekedar melihat atau mandi didanau

Palawi (46) mengatakan, kedatangan dirinya untuk melihat keberadaan danau tersebut hanya ingin tau seperti apa bentuknya danau baru muncul. Padahal dirinya tau masuk lokasi tersebut harus berhadapan dengan maut.

"Lokasi ini jalur awan panas sehingga harus hati-hati kalau tidak mau buang nyawa," bilangnya.

Sementara itu Anto Sembiring (42) mengatakan, danau tersebut terbentuk dari tertutupnya aliran sungai disebabkan material merupakan batu dan tanah dari gunung Sinabung. Seluruh pohon disekitar mati akibat terbakar awan panas meluncur.

"Lokasi sangat berbahaya sehingga warga jangan coba-coba masuk apalagi mandi. Pasalnya kita tidak tau kapan awan panas akan datang," terang Anto.