MEDAN-Taiwan ternyata sudah siap untuk wisata halal. Setidaknya sudah ada 100 gerai aneka makanan halal di seantero Taiwan. Hal itu ditegaskan Cindy Chen, Wakil Direktur Biro Turisme Taiwan wilayah Asean selain Singapura di Medan.

Menurut Cindy, kenyataan itu mau tidak mau dipersiapkan berbagai praktisi wisata di Taiwan, terutama di bidang kuliner, mengingat semakin luasnya pasar wisata Taiwan. Diungkap Cindy, Indonesia termasuk 10 besar pasar wisata Taiwan.

"Tahun lalu ada sekitar 190 ribu wisatawan asal Indonesia dari 11 juta wisatawan yang datang," ungkapnya.

Dari keseluruhan wisatawan asal Indonesia tersebut, Medan termasuk kelompok tiga besar. Karenanya, menurut dia, Taiwan menganggap perlu membangun kerja sama dengan berbagai agen perjalanan wisata Medan dan Sumut umumnya.

Usaha itu menurut Cindy, tak terlepas dari target 250 ribu orang wisatawan asal Indonesia yang dipasang Biro Turisme Taiwan untuk tahun kunjungan 2017 ini. menurutnya Taipe masih menjadi tujuan utama masyarakat Indonesia di Taiwan, apalagi ada Taipe 101 satu tower tertinggi di dunia.

"Selain itu sekarang urusan visa ke Tiwan juga semakin mudah, pengajuannya bisa melalui online," tutur Cindy yang membawa serta 42 delegasi untuk menjajaki kerjasama dengan pelaku usaha pariwisata di Sumatera Utara.