UJUNG SERDANG- Hanya sebuah langkah yang tidak disengaja dilakukan Tama Ginting (50) seorang pembudidaya ikan mas di desa Ujung Serdang, Tanjung Morawa Kecamatan Deli Serdang, Sumatera Utara. Tapi iseng-isengnya membawa kegembiraan, yaitu pohon pisang barangan yang ditanami di bedengan kolam menghasilkan buah yang lebat dengan tandan yang kokoh. Ia menilai biasanya di usia seperti itu pohon pisang itu belum berbuah, karena pohonnya pun masih pendek. Suatu hari usai menyemprot produk Maxigrow ke dalam kolam, iseng-iseng ia juga menyemprot sisa pupuk itu ke tanaman sekitarnya, salah satunya adalah pohon pisang yang mengitari bedengan kolam. Ada sekitar 20 pohon batang pisang yang dijadikan tanaman tumpang sari itu.

Tidak berapa lama setelah penyemprotan, ia menilai ada beberapa perubahan pada pohon pisangnya. “Daunnya menjadi lebih hijau, batangnya gemuk, tapi tidak meninggi,”ungkapnya senang. Ia menunjukkan perbedaan daun pohon pisangnya yang disiram Maxigrow dengan pohon pisang tetangganya yang nampak meninggi, dengan daun yang hijaunya lebih muda dibanding daun pisang yang dimilikinya yang lebih hijau.

“Biasanya umur sigini pun pisang saya belum berbuah. Ini rasanya cepat berbuah. Pohonnya pun lebih pendek dari biasanya,”ungkap Tama yang mengakui selama ini tidak pernah mengurusi pisangnya.  Meski pendek, pohonnya terasa lebih gemuk. Saat tandan mulai muncul, batang tandan pisang pun lebih besar dari biasanya.

Dalam satu tandan, terdapat sekitar 8 sisir pisang. Uniknya, sisir pisang atas dan bawah besarnya hampir sama, dengan warna buah yang lebih kehijauan.  “Ini lah contoh pisang barangan yang sehat, buahnya lebat. Ketika sudah mulai tua barulah ia mulai menguning. Itu artinya pisang pun siap-siap di panen,”ucapnya seraya memperkirakan sekitar 20 hari lagi pisang barangannya sudah siap panen.

Tama mengisahkan selama ini tanah tempat pohon pisang tumbuh bukanlah tanah yang subur, karena merupakan tanah timbunan dari kolam. Tapi Maxi Grow bisa membantu tanahnya menjadi subur yang membuat pohon pohon disekitarnya menjadi lebih hijau.

Membantu menyuburkan tanah

Rampan dan Ria, Marketing Maxigrow mengisahkan Maxi Grow merupakan pupuk hayati yang membantu menyuburkan tanah secara biologis dan dilengkapi dengan hormon penumbuh tanaman yang memacu pertumbuhan akar serabut sehingga kapasitas penyerapan hara oleh tanaman menjadi lebih optimal. “Pupuk biofetilizer/pupuk hayati Maxigrow ini dapat digunakan untuk segala tanaman seperti padi, bawang, semangka, melon, stawbery, singkong.  Bisa juga untuk peternakan ikan seperti ikan mas, lele bahkan untuk pakan ternak bagi kambing, sapi dan lainnya,”ungkap Rampan.

Infomasi selanjutnya tentang Maxigrow bisa menghubungi Rampan 081260289057 dan Ria 082161028025