TEBINGTINGGI-Kota Tebingtinggi mewakili Provinsi Sumatera Utara untuk penilaian nominasi Lomba Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Berencana Kesehatan (PKK KB-Kes) tingkat nasional tahun 2017.

‘’Saya berharap tim PKK KB-Kes Tebingtinggi bisa meraih sukses menjadi juara nasional, membawa nama harum Sumatera Utara, khususnya Tebing Tinggi,’’ tutur Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Hj Evi Diana Erry Nuradi saat mengunjungi kegiatan PKK KB-Kes di Kelurahan Persiakan, Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebingtinggi.

Kehadiran Ketua TP PKK Provsu mendampingi Tim Verifikasi Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes Pusat yang diketuai Laksmi Widyaastuti saat turun langsung ke Kota Tebingtinggi. Evi hadir bersama Kepala Perwakilan BKKBN Sumut Temazaro Zega dan Kepala Dinas PMD Provsu Aspan Sofian Batubara.

Dalam kesempatan itu, Evi menyebutkan, masalah pola hidup bersih dan sehat rumah tangga dengan 10 indikator, lingkungan bersih dan sehat yaitu 5 pilar sanitasi total berbasis masyarakat (STBM), Posyandu dan Keluarga Berencana (KB), perencanaan bidang kesehatan lingkungan harus dijalankan.

Sementara, Ketua Tim Verifikasi Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes Pusat Laksmi Widyaastuti menyebutkan penilaian akan dilaksanakan mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, dan provinsi dan yang menang diteruskan ke nasional," jelas Laksmi.
Sedangkan, Kepala Perwakilan BKKBN Sumut Temazaro Zega mengatakan, Tebingtinggi masuk dalam kategori terbaik penilaian kota dalam PKK-KB Kesehatan. Untuk itu, mereka tetap bersama dengan Tim Penggerak PKK Sumut dan daerah agar menggerakkan kepesertaan KB.

“Melaksanakan peningkatan program kependudukan agar berjalan baik serta melakukan pembinaan karakter melalui pembangunan keluarga, Posyandu, dan juga bekerja sama dengan Dinas PMD,” jelas Zega.

Masuknya Tebing Tinggi dalam nominasi salah satunya karena angka kelahirannya lebih baik dari daerah yang lain. Enam provinsi yang masuk nominasi yaitu Jawa Timur, Riau, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Jawa Barat, dan Sumatera Utara,’’ sambung Kepala Dinas PMD Sumut Aspan Sofian Batubara.