BARUS - Kondisi memprihatinkan terlihat di Dermaga Pelabuhan Barus yang terletak di pinggiran pantai Kelurahan Pasar Batu Gerigis, Tapanuli Tengah, nyaris ambruk. Dermaga tersebut mengalami patah di tengah hingga sejumlah tiang penyangga tampak turun dan pondasi tampak menganga. Henrik Manalu (32) warga sekitar mengatakan, kondisi tersebut sudah satu bulan terjadi dan dikhawatirkan dermaga dapat putus dan amblas sehingga nantinya sepedamotor tidak akan dapat lagi melintas ke ujung dermaga.

Dikatakan, hingga saat ini pelabuhan Barus belum difungsikan sama sekali, dimana kawasan pelabuhan saat ini hanya sebagai tempat memancing dan menjadi objek wisata.

“Ada yang sekadar jalan-jalan sore naik sepedamotor hingga ke ujung dermaga,” ujarnya, Senin (1/5/2017).

Namun sejak terjadi patah di dermaga, sejumlah pengunjung semakin berkurang. Kemungkinan mereka takut melihat patahan dermaga yang sudah sangat jelas turun.

“Mereka mungkin khawatir jika tiba-tiba amblas,” ujarnya.

Ditambahkan, selama ini kenderaan roda empat dilarang masuk ke dalam dan memang tidak ada yang pernah naik mobil hingga ke ujung. Itu yang membuat warga heran mengapa bisa terjadi penurunan dermaga.

“Jika tidak segera diantisipasi, kemungkinan patahan ini akan melebar dan akhirnya dermaga ambruk, karena hempasan ombak setiap hari selalu melobangi pondasi,” imbuhnya.

Senada dikatakan Syahril (22), salah seorang pengunjung yang sering datang ke dermaga bersama rekannya. Dia mengaku baru tahu kalau kondisi dermaga seperti ini. Tadinya, ia mengira sengaja dibuat seperti menanjak.

“Tetapi, memang setelah diperhatikan, memang terjadi patahan di tengah dermaga dan turun dengan cepat. Beberapa hari lalu belum setinggi ini turunnya,” ujarnya.