MEDAN - Andi Asrizal (35) warga Jalan Sijunjung, Padang, Sumatera Barat mengapresiasi kinerja Reskrim Polsek Patumbak yang berhasil menangkap pelaku pungutan liar (pungli) di Jalan Pertahanan depan pangkalan angkutan umum (angkot) Rajawali tepatnya di bawah flyover Simpang Amplas Medan, Senin (1/5/2017). Hal itu diungkapkan Andi kepada GoSumut saat sedang menunggu pemeriksaan penyidik Polsek Patumbak.

"Hebat juga polisi di sini bang yang langsung dapat menangkap pelaku pungli," ungkap korban sambil menunjuk ke arah Panit I Reskrim Patumbak, Ipda Lumban batu.

Menurut sopir Colt Diesel tersebut, kejadian itu berawal saat dirinya melintas dari arah Tanjungmorawa, Deliserdang hendak ke Berastagi, Kabupaten Karo untuk memuat jeruk.

Namun, saat melintas di lokasi kejadian, mobil yang dikendarai Andi bernomor plat BA 8608 VU dicegat dua orang pemuda dan meminta agar segera berhenti.

"Woi...jangan asal lewat aja, berhenti dulu," ujar Andi menirukan ucapan pelaku.

Mendengar teriakan itu, Andi pun langsung menghentikan mobilnya. Disaat itulah salah seorang pemuda yang belum diketahui identitasnya tersebut langsung naik dan meminta uang kepada Andi.

"Kami disuruh berhenti, Bang. Kemudian satu pelaku lain langsung ke pintu samping mobil dan meminta uang preman," ungkap Andi yang diamini kernetnya, Safir Cici Sepri (30) warga Sijunjung, Padang, Sumatera Barat.

Karena takut, Andi pun menuruti permintaan pelaku.

"Kami kasih Rp20.000 daripada nanti truk kami dilempari," terangnya.

Namun, tanpa diketahui pelaku, ternyata petugas Polsek Patumbak yang sedang patroli melihat peristiwa tersebut dan langsung mengejar kedua pelaku.

"Sesudah kita kasih uang itu, kemudian truk kami dihentikan kembali, setelah polisi memperkenalkan diri baru kami tenang, kami kira kawanan tersangka itu datang kembali," jelasnya.

Tak perlu menunggu lama, akhirnya polisi berhasil menangkap kedua tersangka dan membawanya ke Mapolsek Patumbak untuk diperiksa lebih lanjut.

"Hanya sebentar saja kami menunggu, polisi langsung membawa kami untuk melihat dan memastikan pelaku pemerasan tersebut," beber Andi.

Sementara, Kapolsek Patumbak Kompol Afdhal Junaidi melalui Kanit Reskrim, AKP Fery Kusnadi saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut dan telah mengamankan pelaku.

"Benar kita sudah mengamankan dua pelaku pemerasan, yaitu T Padli April Nizar (35) warga Jalan Patumbak Gang Kecamatan Patumbak dan Muhamad Wahyudi (27) warga Jalan Pasar IV Kelurahan Patumbak II Kecamatan Patumbak," jelas Kanit.

Lanjut Fery, para pelaku berhasil diamankan Panit I Reskrim Patumbak yang memang sedang berkeliling di sekitaran Fly Over Simpang Amplas.

"Berhubung hari libur jadi kita menyiagakan anggota untuk patroli karena biasanya hari libur rawan aksi kriminal," pungkas Kanit.