SIANTAR-Senin (1/5/2017), beberapa organisasi buruh kota Siantar peringati May Day dimana ratusan buruh hadiri perayaan ini di halaman Gedung Olah Raga (GOR) Jalan Merdeka kecamatan Siantar Barat.

Ketua SBSI Kota Siantar, Ramlan Sinaga mengatakan peringatan May day ini merupakan motivasi kepada ribuan buruh yqng ada di kota ini, "Kita harap dengan peringatan May Day ini gaji/upah buruh sesuai dengan Upah Minimum Kota untuk semua perusahaan yang ada," ujarnya.

Harap Ramlan Sinaga lagi, kiranya untuk kedepan Perusahaan yang ada tidak lagi mempekerjakan karyawan/buruh dengan sistem outsourching (kontrak), "Karena karyawan sistem kontrak itu merupakan sistem yang menindas kaum buruh itu," tegasnya.

Sementara itu Walikota Siantar melalui Humas Kota Siantar, Jalatuan Hasugian yang hadiri peringatan May Day itu mengatakan pihak Pemko Siantar akan selalu berkoordinasi dengan organisasi buruh yang ada di kota ini. "Koordinasi melalui Dinas Tenaga Kerja yang dilakukan itu untuk meihat dan mendengar langsung keluhan dan permasalahan yang dihadapi buruh," ungkapnya.

Jalatua menambahkan, bentuk perhatian Pemko Siantar itu terlihat UMK 2017 menjadi 1 800 000, meningkat jauh dari tahun sebelumnya.