PADANGSIDIMPUAN - Ratusan warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Salambue, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan, mengikuti khataman Alquran, Rabu (20/4/2017).

Ratusan warga binaan bersama dengan sejumlah unsur pimpinan di lembaga tersebut terlihat serius ketika membaca Al-quran. Selain itu, Wakil Wali Kota Padangsidimpuan, Muhammad Isnandar Nasution, yang juga Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), juga ikut dalam kegiatan itu, bahkan dia juga membimbing warga binaan untuk khataman Al-quran.

Koordinator kegiatan khataman Al-quran Kota Padangsidimpuan, Muhammad Isnandar Nasution mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka HUT ke-53 Bhakti Pemasyarakatan. Kegiatan ini, sebutnya, merupakan kebanggaan bagi Kota Padangsidimpuan.

"Karena ditunjuk menjadi salah satu penyelenggaran khataman Al quran. Sebab, tidak semua LP di Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menyelenggarakan acara seperti itu," ujar Isnandar.

Khataman Alquran ini, sambungnya, akan mendatangkan manfaat bagi warga binaan. Sebab, membaca Alquran akan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dirinya juga meyakini jika khataman ini secara berkesinambungan dilakukan, maka dapat dipastikan semua perbuatan khususnya warga binaan yang mereka lakukan pada masa lalu tidak akan terulang.

"Mari kita sama-sama membaca dan belajar Alquran, karena dengan membaca itu, Allah akan membimbing ke jalan yang benar," imbuhnya.

Ke depannya, kata Isnandar, Partai PKB akan menyelenggarakan kegiatan MTQ di LP tersebut. Tujuannya agar menumbuhkembangkan minat warga binaan untuk memperdalam ilmu Al-quran.

"Rencananya, dalam tahun ini, kami akan menggelar kegiatan itu," ujarnya.

Dia berharap kepada seluruh warga binaan agar bisa merubah diri, sehingga apabila sudah kembali ke masyarakat, menjadi contoh yang baik.

Sementara itu, Kepala KPLP Salambue Kota Padangsidimpuan, Mara Hatoguan Harahap mengatakan, kegiatan khataman Alquran tersebut tentunya memberikan manfaat tersendiri bagi warga binaan dan pegawai yang ada di LP tersebut.

"LP sudah rutin menyelenggarakan pengajian, meski dua minggu sekali. Tentunya kegiatan ini akan mendatangkan banyak manfaat," imbuhnya.

Dia mengatakan, jumlah lembaga binaan yang mengikuti kegiatan tersebut melebihi 100 orang. Menurutnya, jumlah tersebut hampir mendekati total keseluruhan jumlah warga binaan yang ada di lembaga itu.

"Mereka sangat antusias mengikutinya, mudah-mudahan akan membuat mereka lebih baik lagi," tandasnya.